Example 728x250
Daftar Penyakit

Radang Sendi Pada Lansia, Ini Cara Mengobatinya

25
×

Radang Sendi Pada Lansia, Ini Cara Mengobatinya

Sebarkan artikel ini
Radang Sendi Pada Lansia
Radang Sendi Pada Lansia/freepik


Golansia.com Penyakit arthritis ada yang berkaitan dengan gaya hidup dan genetik, ada pula yang berkaitan dengan penyakit kronis dan tergolong penyakit autoimun. Perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup dapat mengurangi nyeri inflamasi. Jadi bila hal itu terjadi pada orang lanjut usia.

Semua pemicu peradangan menyerang jaringan sendi dan tulang. Kondisi ini juga memiliki banyak gejala. Sampai saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan semua jenis radang sendi. Dari sudut pandang medis, penyakit ini memiliki protokol khusus yang ditentukan oleh dokter untuk pengobatannya. Jika radang sendi terjadi pada orang lanjut usia, penting untuk segera menemui dokter.

Cara Mengelola Radang Sendi pada Lansia

Radang sendi dapat menyebabkan masalah serius pada lansia , mulai dari keterbatasan aktivitas hingga ruam kulit dan tulang tipis. Penting bagi anggota keluarga untuk membantu lansia yang menderita penyakit ini semaksimal mungkin.

  1. Temukan Olahraga yang Tepat

Radang sendi ditandai dengan nyeri sendi, bengkak, kelelahan, dan berkurangnya kelenturan secara keseluruhan. Selain obat, aktivitas fisik yang tepat juga bisa membantu mengatasi efek samping ini. Karena kelelahan selalu mungkin terjadi pada lansia, terutama pada lansia yang memiliki radang sendi, maka olahraga dengan intensitas rendah direkomendasikan.

Olahraga berfokus pada rentang gerak, daya tahan, kesadaran dan kekuatan tubuh. Olahraga seperti yoga, peregangan, jalan kaki, berenang, dan angkat beban ringan adalah aktivitas yang baik.

  1. Hindari Makanan Tertentu

Lansia yang mengidap radang sendi perlu mengubah pola makan dengan memilih makanan yang mengurangi peradangan. Asupan garam, gula, gluten, alkohol, dan lemak trans dan lemak jenuh harus dihindari. Fokuslah pada makanan yang dianjurkan dan dihindari untuk mencegah radang sendi semakin parah.

  1. Gunakan Perawatan Berbasis Suhu

Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh lansia dengan radang sendi terasa lebih nyaman. Suhu hangat bisa mengurangi kekakuan pada persendian dan membuatnya terasa segar. Lansia dengan radang sendi bisa menggunakan teknik berbasis suhu sebagai terapi untuk kondisi tersebut. Selain mandi air hangat, kamu juga bisa menemukan bantal atau selimut elektrik yang dengan teknologi pemanas.

  1. Berikan Pijatan

Memijat sendi yang nyeri dengan lembut bisa menghangatkan dan merilekskan area tersebut. Berikan pijatan pada area yang dikeluhkan. Pijatan adalah aktivitas relaksasi yang bagus dan bisa membantu lansia tidur lebih nyenyak.

  1. Jaga Berat Badan Sehat

Perlu diketahui, menurunkan berat badan akan mengurangi beban tekanan pada setiap lutut. Memiliki berat badan sehat lebih baik untuk persendian karena lebih banyak berat badan berarti lebih banyak tekanan pada persendian.

Jika lansia memiliki kelebihan berat badan, bantu ia menerapkan pola makan yang lebih sehat dan meningkatkan olahraga bisa mengurangi berat badan dan mengurangi banyak tekanan pada persendian.

  1. Berikan Asupan Omega-3

Makanan yang banyak mengandung omega-3 adalah ikan, termasuk ikan salmon, sarden, dan tuna. Omega-3 juga bisa ditambahkan dengan mengonsumsi suplemen omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi tingkat peradangan dan mengurangi nyeri radang sendi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang sendi pada lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *