Example 728x250
Daftar Penyakit

6 Cara Mengobati GERD Pada Lansia

25
×

6 Cara Mengobati GERD Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Mengobati GERD Pada Lansia
Mengobati GERD Pada Lansia


Golansia.com – Seiring bertambahnya usia, kesehatan Anda pun semakin menurun. Salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh lansia adalah GERD atau penyakit refluks gastroesofageal. GERD atau dikenal juga dengan penyakit asam lambung, terjadi ketika asam lambung naik ke tenggorokan akibat melemahnya otot-otot katup di kerongkongan.

Meski kondisi ini umum terjadi pada orang lanjut usia, namun jika tidak ditangani dengan baik, GERD tentu saja dapat menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, ketahuilah berbagai cara mengobati GERD pada lansia. Dengan begitu, para lansia bisa hidup lebih nyaman dan berkualitas.

Kenali Gejala GERD pada Lansia

Biasanya orang lanjut usia dengan penyakit kronis lebih rentan terkena GERD. Hal ini tergantung pada berbagai jenis obat yang dapat mengendurkan otot-otot katup leher. Penyakit kronis juga dapat menurunkan produksi air liur.

Faktanya, air liur bisa membantu lansia menetralkan asam. Air liur juga dapat mengurangi risiko sakit maag dengan melembabkan kerongkongan. Dengan cara ini, kerongkongan terlindungi dari efek asam lambung yang naik dan turun kembali ke lambung.

Heartburn akibat asam lambung berlebih merupakan salah satu gejala utama GERD. Namun, bagi sebagian orang lanjut usia, sakit maag bukanlah gejala utama GERD.

Pada lansia, umumnya gejala GERD akan lebih sering dialami pada bagian mulut, tenggorokan, atau paru-paru. Ada beberapa gejala yang kerap terjadi pada bagian tenggorokan, seperti:

  • Suara yang serak.
  • Mengalami batuk kering.
  • Merasa ada makanan yang tersangkut pada tenggorokan.
  • Kesulitan menelan (disfagia).
  • Sakit tenggorokan kronis.
  • Gangguan pernapasan, seperti napas yang berbunyi.

Segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan ketika GERD yang dialami oleh lansia menyebabkan muntah terus-menerus, muntah berwarna kuning atau hijau, kesulitan bernapas setelah muntah, terasa tidak nyaman saat makan, serta kesulitan atau nyeri saat makan.

Lakukan Ini Untuk Mengatasi GERD pada Lansia

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu para lansia mengatasi GERD yang dialami. Mulai dari memberikan obat-obatan yang disarankan oleh dokter, hingga perawatan mandiri di rumah. Berikut ini ulasan untuk mengatasi GERD pada lansia:

  1. Pengobatan Melalui Medis

Tentunya jika lansia memiliki penyakit kronis yang memicu GERD, kondisi ini perlu ditangani dengan bantuan dokter. Kamu bisa mengingatkan para lansia untuk selalu mengonsumsi obat-obatan yang diberikan sesuai waktu, agar kondisi GERD yang dialami dapat membaik.

  1. Berikan Cairan yang Cukup

Penuhi kebutuhan cairan lansia dengan baik. Air putih menjadi cairan yang paling baik untuk diberikan, karena mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan berbagai makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi untuk lansia.

  1. Berikan Porsi Makan Lebih Sedikit

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat GERD, kamu bisa memberikan porsi makan yang lebih sedikit, tetapi dengan frekuensi makan yang lebih banyak. Usia yang sudah lanjut juga membuat sistem pencernaan lebih sulit mencerna makanan dalam porsi besar.

  1. Hindari Berbaring Setelah Makan

Hindari kebiasaan berbaring setelah makan pada lansia. Kondisi ini bisa memicu gejala GERD pada lansia.

  1. Ajak Lansia untuk Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Seiring bertambahnya usia, terkadang para lansia menjadi jarang untuk melakukan aktivitas fisik. Namun, sebaiknya ajak lansia untuk melakukan aktivitas fisik agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik.

Bukan hanya sistem pencernaan, tetap aktif saat memasuki usia lanjut pun dapat membantu kesehatan mental para lansia tetap terjaga. Ada berbagai aktivitas fisik yang bisa dilakukan, seperti berjalan di taman, yoga, hingga berkebun.

Aktivitas fisik dan olahraga juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu lansia menjaga berat badan. Obesitas nyatanya menjadi salah satu pemicu GERD yang cukup umum.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu GERD

Jangan lupa untuk mempersiapkan makanan dan minuman yang sehat bagi para lansia pengidap GERD. Hindari memberikan makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti cokelat, jeruk, tomat, makanan berlemak, hingga makanan pedas.

Hindari juga minuman yang dapat memicu GERD. Mulai dari minuman yang mengandung kafein dan juga alkohol.

Itulah beberapa cara tepat mengatasi GERD pada lansia. Untuk mencegah gejala GERD memburuk, jangan lupa untuk memperbanyak waktu istirahat para lansia dan memberikan pakaian yang nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *