Example 728x250
Daftar Penyakit

Ini Alasannya Kenapa Lansia Rentan Terhadap Neutropenia

121
×

Ini Alasannya Kenapa Lansia Rentan Terhadap Neutropenia

Sebarkan artikel ini
Lansia Rentan Terhadap Neutropenia
Lansia Rentan Terhadap Neutropenia

Golansia.com – Lansia merupakan kelompok umur yang rentan terserang berbagai penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa diderita seseorang, termasuk neutropenia, kelainan pada sel darah putih. Penderita penyakit ini rentan mengalami infeksi yang biasanya muncul di mulut atau kulit. Lalu apa penyebab neutropenia pada lansia? Baca ulasannya di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Alasan Lansia Rentan Terserang Neutropenia

Neutropenia adalah suatu kondisi di mana tidak ada neutrofil, sejenis sel darah putih. Faktanya, neutropenia bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu kondisi di mana tidak terdapat cukup neutrofil dalam tubuh. Sel darah putih membantu melawan infeksi, sehingga penderita neutropenia lebih rentan terhadap infeksi.

Orang dengan neutropenia dapat terkena dampak yang parah, yaitu. Ini terjadi secara tiba-tiba (dan biasanya menghilang dengan cepat), yaitu kronis. Artinya, sudah ada sejak lama, bahkan secara berkala. Ho datang dan pergi. Jika penyakit ini tidak diobati, risiko infeksi bakteri yang serius akan meningkat. Neutropenia didiagnosis melalui tes darah. Perawatan untuk kondisi ini bergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisinya.

Neutropenia sendiri jarang menimbulkan gejala saat terjadi. Dalam beberapa kasus, karena alasan lain, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah terkait neutrofil sampai mereka menjalani tes darah. Masalah ini sering kali disebabkan oleh kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker. Namun, gejala yang berhubungan dengan infeksi atau penyebab neutropenia dapat terjadi.

Kekhawatiran yang paling serius saat alami neutropenia adalah tertular infeksi.

Gangguan infeksi dapat dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh karena jumlah neutrofil yang kekurangan guna mengendalikannya. Bagian yang paling rentan untuk terserang infeksi adalah selaput lendir, seperti bagian dalam mulut dan kulit. Infeksi ini juga dapat muncul sebagai bisul, abses, ruam, dan luka yang butuh waktu lama untuk sembuh.

Orang yang memiliki neutropenia memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi serius. Hal ini karena mereka tidak memiliki cukup neutrofil untuk membunuh organisme yang menyebabkan infeksi. Orang dengan neutropenia yang parah atau tahan lama kemungkinan besar akan mengalami infeksi. Maka dari itu, pastikan untuk mendapatkan diagnosis segera saat dipastikan mengidap gangguan ini.

Benarkah Neutropenia Rentan Terjadi pada Lansia?

Lansia kerap rentan mengalami kondisi neutropenia karena sistem imunitas tubuhnya yang melemah seiring dengan pertambahan usia. Mekanisme dan sistem tubuh para lansia yang juga mengalami penurunan, membuat tubuh susah mempertahankan vitalitasnya.

Selain itu, lansia juga rentan untuk alami neutropenia akibat efek samping dari pengobatan kanker. Hal ini disebabkan oleh efek mielosupresif dari kemoterapi yang mengalami penundaan dan pengurangan dosis yang akhirnya membahayakan hasil pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *