Example 728x250
Daftar Penyakit

Waspadai Gejala Skizofrenia Pada Lansia

33
×

Waspadai Gejala Skizofrenia Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Gejala Skizofrenia Pada Lansia
Gejala Skizofrenia Pada Lansia


Golansia.com – Skizofrenia biasanya menunjukkan gejala pada usia remaja hingga paruh baya. Gejala gangguan jiwa ini biasanya muncul antara usia 15 hingga 30 tahun. Namun gejala penyakit ini hanya bisa muncul pada orang berusia lanjut, yakni lansia. Lalu apa saja gejala skizofrenia pada lansia?

Pertama-tama, perlu Anda ketahui bahwa skizofrenia merupakan penyakit mental yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit kronis ini tidak boleh dianggap remeh. Secara umum, kondisi ini menghadirkan gejala seperti halusinasi, delusi, perubahan perilaku, bahkan kebingungan berpikir.

Skizofrenia pada Lansia

Gejala skizofrenia juga bisa muncul pada orang lanjut usia. Padahal, gejala yang dialami lansia dan orang normal tidak berbeda sama sekali. Orang dengan kelainan ini mungkin menderita kondisi yang membuat mereka sulit membedakan kenyataan dari pikiran mereka. Skizofrenia juga dapat menyebabkan gangguan mental lain seperti depresi, gangguan kecemasan, dan penyalahgunaan zat.

Namun, ada beberapa gejala skizofrenia yang disebut-sebut terjadi pada orang lanjut usia, antara lain:

  1. Penurunan Kognitif

Seiring bertambahnya usia, perubahan tentu akan terjadi pada tubuh dan organ manusia. Salah satu perubahan bisa terjadi pada kemampuan kognitif di mana hal ini ternyata lebih rentan terjadi pada lansia yang mengalami skizofrenia. Penanganan tepat dan cepat sangat dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat skizofrenia, terutama pada lansia.

  1. Demensia

Skizofrenia pada lansia juga rentan memicu demensia, yaitu gangguan yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.

  1. Gangguan Memori

Lansia yang mengidap gangguan mental ini juga disebut berisiko mengalami gangguan memori, seperti pikun. Meski hal ini sebenarnya wajar terjadi seiring bertambahnya usia, tetapi skizofrenia pada lansia sebaiknya tidak diabaikan.

Kabar buruknya, hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab skizofrenia bisa terjadi. Namun, risiko penyakit ini disebut bisa meningkat karena beberapa faktor, seperti faktor genetik. Orang yang memiliki riwayat keluarga skizofrenia disebut lebih berisiko mengalami penyakit yang sama. Selain itu, faktor kimia otak juga bisa menjadi pemicu skizofrenia, di mana terjadi ketidakseimbangan kadar dopamin dan serotonin.

Hingga kini masih belum ada obat untuk menyembuhkan skizofrenia. Namun, penanganan tetap perlu dilakukan untuk mengendalikan dan mengurangi gejala yang muncul. Kondisi juga bisa menjadi semakin buruk pada pengidap skizofrenia lansia, sebab hal ini bisa mengganggu kualitas hidup dan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu membantu dan mendampingi orang tua yang memiliki penyakit skizofrenia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *