Example 728x250
Daftar PenyakitStroke

TIPS Cegah Stroke Sejak Dini, Batasi Jenis Makanan Berikut Ini Hingga Pentingnya Mengendalikan Emosi

318
×

TIPS Cegah Stroke Sejak Dini, Batasi Jenis Makanan Berikut Ini Hingga Pentingnya Mengendalikan Emosi

Sebarkan artikel ini
Stroke lansia


Golansia.com — Hampir satu pekan Nirmala tergolek lemah di salah satu rumah sakit swasta di Pangkalpinang. Ibu rumah tangga berusia 50 tahun ini terjatuh saat keluar dari kamar mandi hingga tak sadarkan diri. Setelah dibawa ke rumah sakit dokter mendiagnosa terkena stroke.

Menurut pengakuan keluarga Nirmala memang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Meski sudah berusaha menghindari pantangan makanan, saat bangun tidur tiba-tiba ia merasakan kondisi tubuh yang tidak nyaman, ditandai rasa kebas di bagian tertentu seperti tangan dan kaki.

Kondisi warga Kota Pangkalpinang ini belum menunjukkan perkembangan berarti.  Tingkat kesadarannya belum sempurna, tidak bisa berbicara dan tubuh masih lemah.

Cegah stroke sejak dini

Meskipun stroke paling sering terjadi pada orang lanjut usia, stroke dapat terjadi pada kelompok yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan berbagai cara untuk mencegah stroke di usia muda.

Ya, ada beberapa cara mencegah stroke di usia muda. Salah satu pilihannya adalah berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor terjadinya stroke.

Ada juga tindakan pencegahan stroke lainnya yang dapat Anda lakukan sejak dini. Simak ulasannya di bawah ini untuk mengetahuinya

Otak merupakan organ penting yang berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia karena terhubung dengan bagian tubuh lainnya.

Ketika otak terganggu, hal ini akan mempengaruhi fungsi bagian tubuh lainnya dan dapat menyebabkan penyakit serius, seperti cacat fisik yang mengancam jiwa. Penyakit otak yang umum adalah stroke. Lebih spesifiknya, stroke merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terganggunya pasokan darah ke otak. Stroke di usia muda kini sudah sangat umum terjadi.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mencegah stroke sejak dini, misalnya dengan melakukan pencegahan stroke. Misalnya. melalui pola makan bergizi, berhenti merokok, olahraga teratur, dll.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara mencegah stroke sejak dini yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan pesan gizi seimbang.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam mengonsumsi makanan sehat yaitu:

  • Variasikan makanan dengan nutrisi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan lain sebagainya
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Batasi konsumsi makanan asin, manis, dan berlemak
  • Minum air putih yang cukup, minimal 2 liter per hari
  1. Menghindari Makanan Tinggi Garam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *