Example 728x250
Daftar Penyakit

Mengapa Pria Lanjut Usia Berisiko Terkena Masalah Prostat?

145
×

Mengapa Pria Lanjut Usia Berisiko Terkena Masalah Prostat?

Sebarkan artikel ini
Pria Lanjut Usia Berisiko Terkena Masalah Prostat?
Ilustrasi: Lansia/freepik


Golansia.com – Penyakit prostat menjadi salah satu masalah yang rentan dialami pria. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, risiko tertular penyakit ini terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun.

Namun, belum banyak orang yang memahami hubungan antara bertambahnya usia pada pria, terutama pria lanjut usia, dengan peningkatan risiko penyakit prostat. Jika Anda mengetahui hubungan kedua hal tersebut, penyakit ini bisa dicegah sebelum terjadi.

Alasan Gangguan Prostat Rentan Terjadi pada Lansia

Penyebab Kanker Prostat pada Lansia

Menurut data dari American Cancer Society, jumlah pria yang didiagnosis dengan kanker prostat di Amerika Serikat hampir 270.000 orang, per 2022. Dari data tersebut, usia rata-rata dari seluruh pengidapnya adalah 66 tahun.

Pertambahan usia dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terserang penyakit ini. Bahkan, disebutkan juga jika kanker ini berisiko dua kali lipat pada seseorang yang berusia di atas 70 tahun, dibandingkan seseorang yang lebih muda.

Hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami kanker prostat, antara lain etnis dan faktor keturunan.

Berikut penjabaran faktor risikonya:

  1. Faktor Etnis

Pria Afrika-Amerika lebih rentan terserang kanker prostat. Berikut beberapa faktanya:

  • Lebih mungkin terserang kanker prostat dibandingkan etnis lainnya.
  • Lebih dari dua kali memiliki kemungkinan untuk meninggal akibat gangguan ini.
  • Lebih rentan untuk terserang gangguan prostat di usia yang lebih muda, serta lebih parah.
  1. Faktor Riwayat Keluarga

Bagi beberapa pria, faktor genetik dapat meningkatkan risiko untuk terserang gangguan pada prostat ini. Seseorang juga bisa jadi memiliki peningkatan risiko dari penyakit ini disebabkan oleh perubahan genetik yang diturunkan, seperti ayah atau saudara laki-laki yang pernah alami penyakit ini.

Penyebab Pembesaran Prostat pada Lansia

Memang semakin tua seseorang, tubuhnya semakin rentan untuk terserang penyakit. Selain itu, ditambah juga dengan pengaruh dari bertambahnya kadar hormon estrogen, sehingga di saat bersamaan, kelenjar prostat menjadi lebih sensitif terhadap hormon testosteron.

Tingkat kesensitivitasan kelenjar prostat pada testosteron membuat organ tersebut dapat membesar dengan mudah. Saat masalah ini terjadi, ada beberapa gejala yang kerap dirasakan, termasuk sulit untuk menahan kencing dan aliran air kencing yang lemah.

Maka dari itu, setiap pria alangkah lebih baiknya untuk berhati-hati terhadap berbagai gangguan pada prostat, terutama yang memiliki faktor keturunan terhadap kondisi ini. Salah satu cara untuk menghindarinya terjadi saat usia sudah tidak muda lagi adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *