Example 728x250
Menu Makanan Sehat

Inilah Berbagai Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Lansia

251
×

Inilah Berbagai Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Lansia
Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Lansia


Golansia.com – Makanan sehat bermanfaat tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk orang tua. Khususnya bagi para lansia yang kesehatannya semakin memburuk, makanan bergizi sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya.

Masalah penyediaan pangan bagi lansia tidak bisa dibiarkan begitu saja. Orang lanjut usia seringkali memiliki penyakit bawaan yang bisa dipicu oleh makanan tertentu.

Jadi kamu bisa mencoba jenis makanan sehat berikut ini untuk dihadiahkan kepada orang tua tercinta.

Makanan Sehat dan Bergizi untuk Lansia

Berikut makanan sehat dan bergizi yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan lansia:

  1. Sayur dan buah

Sayur dan buah selalu menjadi andalan menu makan sehat baik untuk anak-anak maupun lansia. Bukan tanpa alasan sebab sayur dan buah memiliki banyak vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh.

Sayuran hijau, tomat, jeruk, merupakan sumber vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi. Sementara itu alpukat dan brokoli adalah sumber serat yang membantu menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Susu rendah lemak

Susu sering kali dinilai menjadi pantangan untuk orang tua. Padahal susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang berperan untuk menjaga kepadatan tulang, terutama untuk wanita lanjut usia yang lebih berisiko mengalami osteoporosis.

Akan tetapi, dalam memilih susu memang tidak boleh sembarangan, pilihlah susu rendah lemak yang lebih aman untuk orang tua. Selain susu, produk turunan lainnya seperti yoghurt atau keju juga boleh dikonsumsi oleh orang tua.  Dengan catatan, yaitu harus mengandung rendah lemak.

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan jantung. Kamu bisa memberikan ikan yang kaya omega-3 seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel untuk memenuhi kebutuhan protein orang tua.

Mengonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, demensia, dan degenerasi makula (gangguan penglihatan pada lansia). Mengonsumsi ikan dua kali dalam seminggu, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein lansia.

Akan tetapi, dalam mengolah ikan sebaiknya hindari menggoreng agar kandungan gizi dalam ikan tidak hilang. Kamu bisa mengolahnya dengan menjadikan sup atau dipanggang.

  1. Beras merah

Di Indonesia beras putih memang merupakan sumber karbohidrat pokok. Tetapi untuk lansia, sebaiknya hindari beras putih dan beralih ke beras merah. Beras merah mengandung asam folat yang membantu menjaga kesehatan di usia tua. Beras ini juga mengandung vitamin B yang dapat menjaga kesehatan kulit, terutama untuk kulit lansia yang cenderung kering dan tipis.

Tidak hanya mengandung vitamin, beras merah juga aman untuk pengidap diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya beras merah tidak menyebabkan gula darah melonjak setelah memakannya. Adapun manfaat beras merah lainnya seperti meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol berat badan.

Ketahui juga menu makan sehat untuk keluarga di laman berikut, “8 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga”.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, yang kaya akan serat, nutrisi, vitamin, dan kalsium. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa kamu berikan antara lain kenari, kacang mede, almond, dan hazelnut.

Namun, bagi orang tua hati-hati dalam mengonsumsi kacang-kacangan karena bisa merusak gigi. Sebagai alternatif, pilihlah kacang yang sudah digiling, pasta kacang, atau kamu bisa mengolahnya menjadi selai kacang atau saus kacang.

Tips Memberikan Makanan Sehat Pada Lansia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *