Example 728x250
Menu Makanan Sehat

Alasan Kenapa Makan Alpukat Dianjurkan Untuk Lansia

49
×

Alasan Kenapa Makan Alpukat Dianjurkan Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Makan Alpukat Dianjurkan Untuk Lansia
Makan Alpukat Dianjurkan Untuk Lansia


banner 678x960

Golansia.com Seiring bertambahnya usia, beberapa fungsi tubuh mengalami penurunan. Daya tahan tubuh pun menurun sehingga tidak mengherankan jika orang lanjut usia lebih rentan mengalami masalah kesehatan tertentu. Artinya, sangat penting menjaga pola hidup dan kebiasaan makan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara menerapkan pola makan sehat bagi lansia. Alpukat termasuk buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan para lansia, antara lain:

Menunjang Kesehatan Kardiovaskular

Alpukat kaya akan kalium dan lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi penting lainnya, seperti potasium membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Selain itu, alpukat juga dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mendukung Kesehatan Mata

Alpukat merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Fitonutrien ini sangat penting untuk kesehatan mata secara keseluruhan. Alpukat juga dapat mengurangi risiko terjadinya katarak terkait usia dan degenerasi makula.

Membantu Meringankan Gejala Arthritis

Banyak orang dewasa yang lebih tua mengalami nyeri sendi karena artritis degeneratif. Alpukat mengandung fitosterol, antioksidan, dan asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi rasa sakit terkait arthritis.

 Menawarkan Serat dan Lemak Baik

Alpukat mengandung serat tinggi yang dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu, serat juga meningkatkan keteraturan dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Plus, lemak sehat dalam alpukat membantu tubuh menyerap nutrisi lain, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Mengurangi Risiko Kanker

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan alpukat dapat menurunkan risiko kanker mulut, prostat, dan kulit. Kandungan fitokimia dalam alpukat dapat menyebabkan sel kanker berhenti tumbuh dan akhirnya mati. Alpukat mungkin juga bisa menjadi asupan buah yang baik karena memiliki efek menguntungkan selama kemoterapi, yaitu meningkatkan kadar glutathione antioksidan yang sering hilang selama pengobatan.

Membantu Menjaga Berat Badan Sehat

Mengonsumsi alpukat bisa membantu lansia makan dengan kalori lebih sedikit karena serat dalam alpukat membuat tubuh kenyang lebih lama. Tak hanya itu, tingginya serat dan kandungan karbohidratnya yang bisa dibilang rendah adalah dua hal yang seharusnya membantu menurunkan berat badan, setidaknya dalam konteks diet sehat berbasis makanan.

Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal yang Sehat untuk Jantung

Alpukat adalah makanan tinggi lemak. Faktanya, 77 persen kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang pernah ada. Namun, buah satu ini tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan komponen utama minyak zaitun dan diyakini memiliki berbagai manfaat.

Asam oleat telah dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Lemak dalam alpukat juga tahan terhadap oksidasi yang disebabkan oleh panas, membuat minyak alpukat menjadi pilihan yang sehat dan aman untuk dimasak.

Itu tadi beberapa manfaat buah alpukat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *