Example 728x250
Olahraga ManulaTips Sehat Manula

Tips Kebugaran Lansia Yang Perlu Diketahui

105
×

Tips Kebugaran Lansia Yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini
Tips Kebugaran Lansia
Lansia olahraga

Golansia.com – Seiring bertambahnya usia, kebutuhan akan kebugaran untuk menjaga kesehatan tubuh menjadi semakin penting. Selain menjaga kesehatan tubuh, penting bagi setiap lansia untuk berumur panjang.

Dalam konteks ini, para lansia perlu melakukan penyesuaian pola hidup agar kesehatannya tetap baik di masa tuanya. Simak tips berikut agar lansia tetap bugar!

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh untuk Lansia

Saat beranjak menua, seseorang akan mengalami berbagai perubahan dari segi fisik maupun mental. Untuk meminimalisir efeknya bagi kesehatan, ini beberapa tips yang bisa lansia lakukan:

  1. Tetap aktif bergerak

Banyak lansia yang hanya menghabiskan waktu berdiam diri saja di rumah. Padahal, olahraga ringan menjadi salah satu tips menjaga kebugaran lansia agar kesehatan fisik dan mental dapat terjaga dengan baik.

Dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka harapan hidup menjadi lebih panjang. Aktif bergerak juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit serius, hingga disabilitas akibat pertambahan usia.

  1. Melakukan diet sehat

Diet sehat bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh di kemudian hari. Kondisi seperti obesitas dan berat badan terlalu ringan akan memicu berbagai penyakit serius di kemudian hari.

Untuk melakukan diet sehat, yang perlu lansia lakukan adalah memperbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan takaran nutrisi yang tubuh perlukan. Selain itu, konsultasi dengan dokter juga bisa membantu menentukan diet yang cocok untuk kondisi tubuh tertentu.

  1. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Tips menjaga kebugaran lansia selanjutnya adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Hal yang satu ini perlu menjadi kebiasaan sejak muda agar tidak sulit untuk orang tua lakukan di kemudian hari.

Pola makan yang dokter sarankan adalah mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan kandungan tinggi omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, juga sayuran.

Terkait dengan minuman yang baik untuk konsumsi, pastikan untuk memenuhi asupan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih. Lansia juga bisa mengonsumsi teh, kopi, dan jus buah dengan sedikit gula. Sebisa mungkin hindari minuman yang terlalu dingin dan manis. Alih-alih membeli minuman manis dengan pemanis buatan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah agar terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *