Example 728x250
Menu Makanan Sehat

6 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia

284
×

6 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia

Sebarkan artikel ini
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia
ilustrasi: Lansia makan daging mentah


Golansia.com – Seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh semakin menurun, termasuk metabolisme yang lambat. Oleh karena itu, pada lansia nafsu makannya berkurang, dan daya serap makanan yang masuk ke dalam tubuh pun berkurang. Hal ini tentu saja sejalan dengan berkurangnya gerakan tubuh mereka.

Namun, para lansia harus memastikan bahwa mereka memiliki pola makan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, lansia tetap memiliki kekebalan tubuh yang optimal dan tidak mudah terkena berbagai gangguan kesehatan, terutama terkait degenerasi.

Pantangan Makanan untuk Lansia

Agar kondisi tubuh tetap prima, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat usia telah masuk 65 tahun atau lebih. Berikut ini di antaranya:

Daging dan Telur Mentah

Makanan yang disajikan mentah memang terasa lebih nikmat bagi sebagian orang. Namun, sebaiknya lansia tidak mengonsumsinya, karena makanan mentah sudah pasti tidak terjamin kebersihan dan higienitasnya.

Sudah pasti, dampaknya adalah infeksi parasit yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, pastikan semua makanan sudah dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.

Susu yang Tidak Melalui Proses Pasteurisasi

Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi juga kerap dinilai sebagai minuman yang menyehatkan karena kadar mineralnya yang lebih tinggi. Akan tetapi, lansia sebaiknya tidak mengonsumsinya karena susu yang tidak dipasteurisasi mengandung lebih banyak bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Proses pasteurisasi sendiri dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang terdapat dalam susu tanpa menghilangkan kandungan proteinnya. Inilah mengapa, pasteurisasi dilakukan dengan suhu sangat tinggi dan waktu yang sangat singkat.

Makanan Tinggi Sodium

Makanan pantangan lansia selanjutnya adalah makanan dengan kandungan sodium yang tinggi. Asupan garam berlebihan juga bisa menjadi masalah lain untuk lansia, terlebih apabila memiliki riwayat hipertensi. Sebaiknya, gantilah garam meja dengan bumbu rempah alami lainnya yang bisa memberikan rasa gurih pada makanan.

Tak hanya itu, selalu cek kandungan natrium yang tertera pada label nutrisi jika membeli makanan dan hendak dihidangkan untuk lansia. Sebab, lansia dengan usia di atas 71 tahun harus membatasi asupan natrium harian tidak lebih dari 1,2 gram saja .

Kafein

Makanan maupun minuman dengan kandungan kafein tidak hanya membuat kamu sulit tidur. Kandungan tersebut juga meningkatkan kecemasan dan detak jantung menjadi lebih cepat serta tidak beraturan.

Selain kopi, kandungan kafein juga banyak ditemukan pada makanan maupun minuman lain, seperti teh, soda, dan cokelat. Bahkan, kandungan ini juga terdapat pada beberapa jenis obat, salah satunya obat untuk menghilangkan rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *