Example 728x250
Daftar Penyakit

Alasan Mengapa Kanker Prostat Lebih Sering Menyerang Orang Lanjut Usia

71
×

Alasan Mengapa Kanker Prostat Lebih Sering Menyerang Orang Lanjut Usia

Sebarkan artikel ini
Kanker Prostat Lebih Sering Menyerang Orang Lanjut Usia
Kanker Prostat Lebih Sering Menyerang Orang Lanjut Usia


banner 678x960

Golansia.comKanker prostat merupakan penyakit yang terjadi akibat terbentuknya sel-sel abnormal di kelenjar prostat dan tumbuh di luar kendali. Prostat merupakan organ berupa kelenjar kecil di bawah kandung kemih dan merupakan bagian dari sistem reproduksi pria.

Kanker prostat jarang terjadi pada pria muda dan lebih sering terjadi pada pria lanjut usia di atas usia 60 tahun. Jadi tidak ada salahnya untuk melihat berbagai alasan mengapa pria lanjut usia lebih rentan terkena kanker prostat. Dengan cara ini Anda dapat mengambil tindakan pencegahan.

Alasan Kanker Prostat Lebih Sering Dialami Lansia

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami oleh pria. Umumnya, pria yang telah memasuki usia lanjut atau diatas 60 tahun lebih menjadi sangat berisiko mengalami penyakit ini.

Alasan kanker prostat lebih rentan menyerang pria lansia akibat adanya penurunan fungsi kelenjar prostat sehingga berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, termasuk kanker prostat. Untuk itu, sangat penting bagi para pria lansia melakukan pemeriksaan sejak dini secara rutin agar kanker prostat bisa dicegah atau diatasi lebih dini.

Selain karena penurunan fungsi kelenjar prostat, ada berbagai faktor lainnya yang memicu pria rentan mengalami kanker prostat, seperti memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa dan mengalami obesitas.

Kebiasaan merokok di usia lanjut juga menjadi salah satu faktor pemicu kanker prostat. Berbagai kandungan kimia yang berbahaya dalam rokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada prostat, salah satunya adalah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, sebaiknya perhatikan kembali pola dan asupan makanan. Fokus untuk memperbanyak asupan buah dan sayur agar kondisi kesehatan kamu semakin optimal saat memasuki usia lanjut.

Kamu juga perlu melakukan olahraga secara rutin untuk mengoptimalkan fungsi tubuh dan menurunkan risiko obesitas. Dengan mengontrol berat badan, maka kamu juga bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Kenali Gejala Kanker Prostat

Pada awal perkembangan, kondisi ini tidak menyebabkan gejala apapun. Namun, gejala akan dirasakan ketika penyakit berkembang menjadi lebih buruk. Berikut ini gejala yang kerap dialami oleh pengidap kanker prostat, seperti:

  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat, khususnya pada malam hari.
  • Melambatnya aliran urine.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri ketika ejakulasi dan mengalami disfungsi ereksi.
  • Terdapat darah pada air mani atau sperma.
  • Saking punggung hingga pinggul.
  • Area kaki yang menjadi lebih sering mati rasa atau kesemutan.

Jika kamu mengalami beberapa gejala yang terkait dengan kanker prostat, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan. Kanker prostat bisa didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan berupa biopsi, Prostate Specific Antigen (PSA), hingga Digital Rectal Examination (DRE).

Bukan hanya saat kamu mengalami gejala yang terkait dengan kanker prostat, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan ini ketika memasuki usia 50 tahun. Apalagi jika kamu memiliki riwayat keluarga dan kesehatan yang bisa memicu penyakit ini. Dengan begitu, kamu bisa mendiagnosis penyakit ini lebih dini sehingga pengobatan akan lebih mudah untuk dilakukan.

Itulah alasan mengapa kanker prostat lebih rentan menyerang pria lansia. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan, mengonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *