Example 728x250
Gizi, Nutrisi, Vitamin

Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Lansia

44
×

Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Lansia

Sebarkan artikel ini
Vitamin Yang Dibutuhkan Oleh Lansia
Vitamin Lansia


Golansia.com – Pada dasarnya tubuh membutuhkan segala macam vitamin dan mineral sejak dalam kandungan hingga lansia. Namun, ada kelompok vitamin tertentu yang semakin kita butuhkan seiring bertambahnya usia.

Perubahan metabolisme dan kepadatan tulang dan otot, misalnya, mempengaruhi kebutuhan nutrisi. Di bawah ini adalah berbagai jenis vitamin dan mineral yang penting seiring bertambahnya usia:

– Kalsium

Saat menua, tubuh kita kehilangan mineral lebih banyak daripada yang diserap. Akibatnya tulang pun jadi rapuh (osteporosis), terutama wanita setelah menopause.

Kalsium akan membantu otot, saraf, sel-sel, dan juga pembuluh darah berfungsi dengan baik. Wanita berusia di atas 50 dan pria berusia lebih dari 70 tahun harus mendapatkan kalsium 20 persen lebih banyak dari pada orang dewasa. Sumber kalsium di antaranya susu, yogurt, keju, atau ikan teri.

Vitamin B12

Vitamin ini berfungsi membantu produksi darah sel saraf. Secara alami vitamin B12 ditemukan pada protein hewani seperti daging, ikan, telur, atau produk susu.

– Vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Jadi, kita perlu mencukupi kalsium dan vitamin D untuk mencegah osteopororis. Vitamin D juga berperan dalam menjaga sistem imun, fungsi saraf, serta otot.

Vitamin D sebenarnya berlimpah di negeri tropis yang mataharinya bersinar sepanjang tahun. Tetapi, karena kebanyakan orang jarang beraktivitas di bawah sinar matahari atau memakai pakaian tertutup, kadar vitamin D orang Indonesia banyak yang rendah. Cukupi kebutuhannya dari suplemen atau makanan laut.

– Vitamin B6

Tubuh kita memakai vitamin B6 untuk melawan kuman dan membuat energi. Saat usia makin bertambah kita butuh vitamin ini lebih banyak karena fungsi lainnya untuk menjaga daya ingat.

Makanan sumber vitamin B6 antara lain hati, ikan berlemak, atau makanan yang difortifikasi.

– Probiotik

Bakteri baik ini sangat penting untuk usus kita. Sumber-sumber probiotik antara lain makanan yang difermentasi seperti yogurt atau tempe.

– Omega 3

Asam lemak omega 3 disebut “esensial” karena tubuh tidak bisa membuatnya. Asam lemak ini penting untuk kesehatan mata, otak, dan juga sel sperma. Omega 3 juga melindungi tubuh dari penyakit terkait penuaan seperti Alzheimer, artrtitis, hingga degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

– Berbagai mineral

Mineral seperti zinc, selenium, dan potasium, memang dibutuhkan dalam jumlah kecil tetapi sangat penting bagi tubuh. Misalnya saja untuk menjaga penglihatan, menjaga otot tetap kuat, serta mencegah penyakit terkait penuaan.

Serat

Saat usia terus bertambah, fungsi serat semakin penting. Serat membantu melindungi kita dari stroke, membuat buang air besar lancar, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *