Example 728x250
Gizi, Nutrisi, VitaminTips Sehat Manula

5 Menu Terbaik Untuk Manula dan Porsinya

215
×

5 Menu Terbaik Untuk Manula dan Porsinya

Sebarkan artikel ini
5 Menu Terbaik Untuk Manula


Golansia.com – Pola makan seimbang merupakan bagian penting untuk tetap sehat seiring bertambahnya usia, terutama bagi orang lanjut usia. Makanan dapat membantu Manula menjaga berat badan yang sehat, memiliki energi, dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan begitu, kesehatan tetap terjaga dan diharapkan risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes bisa berkurang.

Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, Manula sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Para Manula juga harus membatasi makanan tinggi gula olahan, lemak jenuh dan trans, serta garam. Pola makan juga harus disesuaikan untuk mengatasi masalah kesehatan kronis pada lansia.

Kumpulan Menu Makanan untuk Lansia

Menentukan menu makanan Manula memang bukan perkara mudah. Apalagi jika lansia memiliki penyakit bawaan. Saran dan rekomendasi dari dokter atau ahli gizi tetap diperlukan untuk merancang menu makanannya. Berikut ini beberapa pilihan menu makanan yang bisa dikonsumsi lansia:

Sop Ayam

Sop ayam bisa jadi pilihan yang baik untuk lansia, karena ayam adalah bahan makanan yang menyehatkan. Apalagi bahan-bahannya mudah ditemukan dan juga mudah diolah. Ayam memiliki nutrisi yang tinggi sehingga kebutuhan gizi lansia terpenuhi. Contohnya saja protein, vitamin B12, dan zat besi. Selain itu, sop ayam juga dapat ditambah dengan sayur-sayuran sehingga nutrisinya semakin bertambah.

Pepes Ikan

Ikan salah satu bahan makanan yang baik untuk lansia. Hal ini berkat kandungan protein dan kadar lemak yang rendah di dalamnya. Ikan memiliki lemak baik, yaitu asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan memperlambat penurunan fungsi kognitif lansia. Menu pepes ikan yang lembut juga cocok untuk lansia.

Sayur Bayam

Sayur juga penting untuk kesehatan Manula karena kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya. Sayur yang direkomendasikan untuk lansia yaitu sayuran berdaun hijau, seperti bayam. Nutrisi yang terkandung dalam sayur bayam yaitu kalsium, zat besi, kalium, vitamin K, vitamin C, dan banyak lagi yang baik untuk lansia.

Sayur bayam bisa dikreasikan menjadi berbagai menu. Contohnya sayur kuah bening, gado-gado, salad sayur. Akan lebih baik lagi jika lansia bisa mengonsumsi berbagai macam sayur, seperti tomat, wortel agar menunya lebih beragam.

Salad Buah

Sama seperti sayur, buah-buahan juga jenis makanan penting untuk menu harian lansia. Buah mengandung tinggi serat, air, vitamin, dan mineral agar tubuh lansia selalu bugar. Apalagi dalam semangkuk salad buah, terdapat berbagai jenis buah. Sehingga sumber nutrisinya pun lebih kaya.

Schotel Kentang dan Oatmeal Pisang

Menu makanan yang mengandung pati, seperti kentang, nasi, jagung, atau gandum, mengandung karbohidrat sebagai sumber energi untuk lansia. Di sisi lain, makanan ini juga berserat dan mengandung berbagai vitamin dan mineral baik. Untuk lansia, sebaiknya pilih makanan berpati yang bertekstur lembut, seperti kentang, oatmeal, atau nasi. Khususnya jika lansia memiliki masalah untuk menelan.

Sementara itu, jumlah porsi yang dibutuhkan lansia setiap hari tergantung pada usia, tinggi badan, dan seberapa aktif Manula . Namun, karena lansia mengalami pengurangan massa otot dan tingkat aktivitas, porsi makan juga perlu dikurangi. Namun, bukan berarti mengurangi nutrisi.

Nah, setelah mengetahui kumpulan menu untuk lansia, maka rencana makan sehari-hari bisa lebih bervariasi. Ingatlah untuk selalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh lansia. Selain makanan utama, siapkan juga makanan camilan seperti biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *