Example 728x250
Gizi, Nutrisi, VitaminTips Sehat Manula

Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Lansia, Bisa Dicegah dengan Vitamin D

138
×

Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Lansia, Bisa Dicegah dengan Vitamin D

Sebarkan artikel ini
Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Lansia, Bisa Dicegah dengan Vitamin D (ilustrasi istimewa)


Golansia.com — Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D tidak hanya mendukung bagi kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat mencegah risiko penyakit kardiovaskular pada lansia.

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada jantung atau jaringan pembuluh darah. Contoh penyakit kardiovaskular yaitu serangan jantung, gagal jantung dan stroke.

Seperti dilansir Scitech Daily pada Minggu (2 Juli) waktu setempat, tim peneliti Australia melakukan penelitian untuk mengetahui potensi vitamin D sebagai nutrisi untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular pada lansia, menurut jurnal BMJ.

Kelompok penelitian tersebut melibatkan 21.000 orang berusia 60 hingga 84 tahun, beberapa di antaranya menerima suplemen vitamin D dan yang lainnya menerima plasebo, atau “obat palsu”. Peserta menerima kapsul vitamin D reguler dan plasebo selama lima tahun.

Selama percobaan, sebanyak 1336 partisipasi mengalami gejala penyakit kardiovaskular Tingkat munculnya gejala kardiovaskular pada kelompok penerima suplemen vitamin D lebih rendah 9 persen dibandingkan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Tingkat risiko serangan jantung pada lansia yang mengonsumsi vitamin D lebih rendah 19 persen sementara tingkat revaskularisasi lebih rendah 11 persen. Namun tidak ada perbedaan pada tingkat risiko stroke baik pada kelompok yang mengonsumsi vitamin D maupun plasebo.

Dengan demikian, tim riset itu menyimpulkan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mereka menambahkan efek perlindungan ini bisa lebih terlihat pada mereka yang menggunakan statin atau obat kardiovaskular lainnya pada awal proses pengobatan.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *