Example 728x250
Penyakit Gigi

5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Diidap Lansia

47
×

5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Diidap Lansia

Sebarkan artikel ini
Penyakit Gigi dan Mulut Lansia
Penyakit Gigi dan Mulut Lansia


Golansia.com – Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada berbagai jenis penyakit gigi pada lansia yang dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Berikut beberapa penyakit gigi pada lansia yang perlu diwaspadai:

  1. Periodontal

Periodontal, atau yang lebih dikenal dengan penyakit jaringan penyangga gigi disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi. Kondisi ini rentan dialami lansia dengan penyakit diabetes melitus dan penyakit jantung.

  1. Xerostomia

Xerostomia, atau yang lebih dikenal dengan istilah mulut kering merupakan kondisi yang terjadi saat fungsi kelenjar ludah menurun. Menjaga kebersihan mulut dari karies gigi, penyakit periodontal dan jamur candidiasis pada mulut menjadi langkah mencegah mulut kering.

  1. Gigi Aus dan Berubah Warna

Gigi aus terjadi akibat penggunaan gigi jangka panjang. Sedangkan gigi berubah warna terjadi akibat perubahan lapisan dentin yang memengaruhi ketebalan dan kekuatan. Warna gigi menjadi berkurang ketransparanannya, sehingga terlihat menguning seperti warna asli lapisan dentin.

  1. Gigi Ompong

Gigi ompong disebabkan oleh infeksi gusi berat yang disebabkan akibat penumpukan plak. Kondisi tersebut merusak jaringan dan tulang pada gusi, sehingga risiko kerusakan gigi hingga tanggal dan ompong akan meningkat.

  1. Karies Gigi

Karies gigi pada lansia dipicu oleh perubahan air ludah akibat faktor penuaan, pola makan tidak seimbang, serta perawatan gigi yang tidak dilakukan dengan baik. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan, dapat berujung pada tanggalnya gigi.

Itulah penyakit gigi lansia yang perlu diwaspadai. Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *