Example 728x250
BerandaMenu Makanan Sehat

Orang Yang Berusia di Atas 40 Tahun Sebaiknya Menghindari Makan 10 Makanan Ini

172
×

Orang Yang Berusia di Atas 40 Tahun Sebaiknya Menghindari Makan 10 Makanan Ini

Sebarkan artikel ini
Orang Yang Berusia di Atas 40 Tahun
Berusia di Atas 40 Tahun

Golansia.com – Meski tubuh sehat, orang di atas 40 tahun sebaiknya membatasi makanan dan minuman tertentu. Agar tubuh tetap sehat di usia 40 tahun, penting untuk menghindari makanan dan minuman terlarang.

Bahkan ketika seseorang menginjak usia 40 tahun, ia tidak merasa tua. Sebenarnya banyak perubahan yang terjadi.

Menurut BestLife, metabolisme tubuh melambat setelah 40 tahun. Beberapa orang yang belum pernah mengalami bintik putih dan uban sebelumnya menyadarinya pada usia ini.

Namun gaya hidup sehat akan membantu kita bertahan di usia 40 tahun dan tetap bugar serta sehat, termasuk membatasi makanan tidak sehat. Di bawah ini beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk orang berusia di atas 40 tahun:

  1. Margarin

Makanan dan minuman pantangan yang pertama bagi usia 40 tahun ke atas adalah margarin. Makanan ini sebetulnya tidak baik untuk usia berapa pun. Namun, ketika berusia 40 tahun, efek merugikan margarin terhadap kesehatan akan lebih terasa.

Menurut ahli diet sekaligus penulis What Doctors Eat dan The 21-Day Belly Fix, Dr Tasneem Bhatia, MD (Dr Taz), margarin mengandung lemak dan tidak semua lemak diciptakan sama. Lemak pada margarin cenderung memiliki reputasi buruk alih-alih sehat. Margarin mengandung lemak trans yang akan merusak hidrasi tubuh. “Semakin sedikit kulit kita terhidrasi, kerutan akan semakin cepat muncul,” ujarnya.

  1. Kue tinggi gula

Makanan dan minuman pantangan yang kedua bagi usia 40 tahun ke atas adalah kue tinggi gula. Ahli diet dari Medifast, Alexandra Miller, RDN, LDN menjelaskan, kue-kue yang dipanggang dan tinggi gula sering kali tinggi kandungan gula dan lemak tambahan yang dapat memicu penambahan berat badan dan kesehatan gigi yang buruk.

Sementara itu, dokter kulit sekaligus penulis The Beauty of Dirty Skin, Whitney Bowe, MD, menjelaskan, gula dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan banyak perubahan, dari membran sel dan arteri hingga hormon, sistem kekebalan, kesehatan usus, dan mikrobioma di usus dan kulit.

Selain meningkatkan insulin dan peradangan, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kulit menua lebih cepat melalui proses glikasi. Glikasi adalah istilah biokimia untuk ikatan molekul gula dengan protein, lemak, dan asam amino, yang merupakan ciri utama penuaan.

“Para peneliti menemukan hubungan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) dengan arteri yang mengeras, saraf mengeras, kerutan, dan berbagai potensi penyakit lainnya,” kata dia, seperti dilansir The Healthy. Jadi, jika menyukai camilan manis, lebih baik mengonsumsi buah-buahan daripada kue tinggi gula.

  1. Karbohidrat olahan

Makanan dan minuman pantangan yang keenam bagi usia 40 tahun ke atas adalah makanan dengan karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan lainnya memiliki tingkat Indeks Glikemik (GI) tinggi.

Artinya, sumber karbohidrat ini akan dengan cepat meningkatkan gula darah dan menjadi faktor penyebab penyakit jantung, penambahan berat badan, dan diabetes. Selain itu, pola makan tinggi karbohidrat olahan juga kurang baik untuk kulit.

Bowe menjelaskan, sumber karbohidrat olahan dapat meningkatkan hormon yang merangsang produksi minyak. Hormon-hormon tersebut bahkan dapat mengubah komposisi minyak pada kulit kita dan membuatnya lebih rentan terhadap pembentukan jerawat.

Makanan dengan GI tinggi juga dapat menyebabkan pelepasan hormon growth factor 1 (IGF-1). “Jika hormon itu terlalu banyak, itu akan merugikan kita karena dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan sejumlah penyakit, seperti kanker dan masalah kulit seperti jerawat,” ungkapnya.

  1. Soda

Makanan dan minuman pantangan yang ketujuh bagi usia 40 tahun ke atas adalah soda. Minuman ini juga tak baik untuk usia berapa pun, termasuk ketika kita mengunjak usia 40 tahun. Selain karena sering kali dicampur dengan pewarna yang berpotensi memicu kanker, soda juga tinggi gula tambahan.

Gula dapat berdampak negatif terhadap ovulasi dan berkaitan dengan motilitas sperma yang buruk. Tidak mengonsumsi soda juga menjadi salah satu cara untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Minuman berenergi

Makanan dan minuman pantangan yang kedelapan bagi usia 40 tahun ke atas adalah minuman berenergi. Sama seperti soda, minuman berenergi juga tinggi gula tambahan sehingga tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak konsumsi gula dapat merusak email gigi dan membuat gigi lebih mudah ternoda.

Selain itu, kandungan kafein dan natrium yang tinggi dalam minuman berenergi juga dapat menyebabkan dehidrasi, terutama jika kita lebih banyak meminumnya daripada minum air putih. Dehidrasi adalah salah satu faktor utama yang membuat kulit tampak lebih tua.

Untuk mencegah dehdrasi, ahli gizi sekaligus penulis Schedule Me Skinny: Plan to Lose Weight and Keep it Off in Only 30 Minutes a Week, Sarah-Jane Bedwell, RD, LDN menganjurkan minum delapan hingga 10 gelas air putih sehari atau lebih, terutama jika berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *