Example 728x250
Alat BantuDaftar ObatTips Sehat Manula

Cek 7 Sumber Makanan Sehat untuk Lansia yang Mudah Dikonsumsi Ini

191
×

Cek 7 Sumber Makanan Sehat untuk Lansia yang Mudah Dikonsumsi Ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi lansia (istimewa)


banner 678x960

Golansia.com — Sumber makanan yang sehat untuk lansia mudah ditemui, loh. Demi kebutuhan gizi lansia terjaga, tentunya Anda perlu mengetahuinya terlebih jika memiliki  penyakit yang menyertai.

Pada tubuh tubuh lansia umumnya telah mengalami perubahan fisiologis dan psikologis yang dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup.

Kebutuhan nutrisi lansia tentu saja berbeda dari kebutuhan orang dewasa muda, karena lansia membutuhkan lebih sedikit kalori tetapi lebih banyak nutrisi tertentu seperti protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, dan serat.

Lansia juga biasanya memiliki masalah kesehatan tertentu seperti osteoporosis, hipertensi, diabetes, atau gangguan pencernaan yang membutuhkan perhatian khusus pada asupan nutrisi.

Maka dari itu, makanan sehat untuk lansia menjadi beberapa pertimbangan saat memilih nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan.

Kebutuhan nutrisi lansia mungkin berbeda dari kebutuhan orang dewasa muda, karena lansia membutuhkan lebih sedikit kalori tetapi lebih banyak nutrisi tertentu seperti protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, dan serat.

Berikut adalah beberapa contoh makanan sehat untuk lansia, yang golansia kutip dari berbagai sumber:

1. Sayuran dan Buah-buahan
Ilustrasi berry (istimewa)

Bukan rahasia umum jika sayuran dan buah-buahan memberikan banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Namun begitu, usahakan untuk memilih sayuran berwarna hijau gelap, seperti kangkung, bayam, dan brokoli, serta buah-buahan beri, seperti blueberry dan raspberry.

2. Makanan kaya Protein
Makanan yang kayak protein membantu mempertahankan massa otot dan mendukung fungsi otak. Makanan sumber protein yang baik untuk lansia antara lain daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

3. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan kentang memberikan energi yang stabil dan menahan rasa lapar lebih lama. Pemilihan sumber karbohidrat cukup penting karena beberapa makanan sumber karbo turut memiliki kadar glukosa yang cukup tinggi. Hal ini berkaitan dengan tingkat asupan gula yang perlu dikurangi pada sumber makanan sehat untuk lansia.

4. Makanan Kaya Serat

Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Beberapa makanan yang kaya serat termasuk biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

5. Minyak Sehat

Ilustrasi minyak zaitun (istimewa)

Pengunaan minyak goreng tentu sebaiknya dikurangi untuk menjaga kadar kolesterol jahat pada tubuh. Alternatif terbaik adalah penggunaan minyak zaitun, minyak biji rami, dan minyak kanola mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, lansia memerlukan kebutuhan makanan yang minim dengan penggunaan minyak sehingga alternatif lain adalah makanan dengan metode direbus.

6. Air yang cukup

Penting bagi lansia untuk tetap terhidrasi. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup dan menghindari minuman berkafein atau beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi. Kebutuhan air setiap orang akan berbeda berdasarkan dengan besaran berat badan maupun aktivitas yang sedang dilakukan.

7. Makanan kaya vitamin

Cobalah makanan yang diperkaya dengan vitamin B12, seperti sereal, atau bicarakan dengan dokter tentang mengonsumsi suplemen B12 untuk lansia.

Vitamin tersebut juga bisa berasal dari rumput lain, jamur, hingga tempe yang diolah dengan cara yang sehat. Demikian beberapa informasi sumber makanan sehat untuk lansia yang mudah didapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *