Example 728x250
BerandaTanaman Obat AlamiTips Sehat Manula

Lansia 50 Tahun ke Atas Harus Tahu, Manfaat Daun Jambu Biji dan Cara Mengonsumsi yang Aman

88
×

Lansia 50 Tahun ke Atas Harus Tahu, Manfaat Daun Jambu Biji dan Cara Mengonsumsi yang Aman

Sebarkan artikel ini
Daun jambu foto istimewa


banner 678x960

Golansia.com — Bagi anda lansia yang berusia 55 tahun ke atas, harus tahu apa saja manfaat daun jambu biji untuk lansia dan cara membuat ramuan herbal tersebut agar aman dikonsumsi lansia.

Seperti yang diketahui, daun jambu biji memiliki banyak manfaat untuk ke Lansia 50 Tahun ke Atas Harus Tahu, Manfaat daun Jambu Biji dan Cara Mengonsumsi yang Amansehatan tubuh dan rambut, terutama lansia.

Dedaunan hijau yang bisa dikonsumsi biasanya dikategorikan sebagai sayuran. Namun, beda ceritanya dengan daun jambu biji yang satu ini.

Alih-alih digunakan sebagai sayuran, daun jambu biji ini lebih banyak digunakan sebagai obat-obatan. Hal ini diperoleh dari aneka kandungan gizi yang mana dimilikinya.

Kadungan gizi tersebut berupa aneka vitamin dan mineral. Vitamin yang dimiliki daun jambu biji iini adalah vitamin yang bisa dengan mudah larut dalam lemak tubuh  seperti vitamin A, C, D, E, K, dan vitamin B kompleks.

Daun jambu biji ini juga mengandung zat makronutrien dan mikronutrien. Zat makronutrien ini dikenal sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk menopan seseorang agar tetap berenergi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sedangkan zat mikronutrien sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat yang mana terdiri dari mineral dan juga  berbagai vitamin.

Lantas apa saja ya manfaat daun jambu biji untuk lansia tersebut? Di bawah ini informasinya untuk kalian semua.

1. Mencegah Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami oleh siapapun, terutam lansia. Meskipun dianggap sebuah penyakit yang ringan, namun diare ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebab, penyakit ini dapat membuat perut kalian terasa mulas sehingga terpaksa harus ke kamar mandi setiap menit dan jika dibiarkan diare ini bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk itulah, kalian perlu mengobati penyakit ini sesegera mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi daun jambu biji.

Yaps, meskipun memiliki rasa yang pahit dan getir, serta tekstur yang kasar dan keras, daun jambu biji ini memiliki kandungan yang mujarab dalam mengatasi diare.

Daun jambu biji ini mengandung kandungan yang dapat mengatasi bakteri Staphylococcus aureus yang bisa salah satu bakteri pemicu diare.

Selain itu, daun jambu biji ini juga bisa mengurangi rasa sakit akibat diare, mengurangi pengeluaran kotoran, hingga membuat tubuh terhindar dari rasa lemas yang sering muncul akibat diare.

Sedangkan cara mengonsumsinya, di sini para lansia bisa mengonsumsinya 5-6 daun lembar daun jambu biji segar dan masih muda yang telah dicuci sebelumnya, atau mengolahnya menjadi teh daun jambu biji.

Di sini, kalian bisa mengonsumsi obat herbal tersebut 2-3 kali sehari setelah makan.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu permasalahan yang serin dialami para lansia. Untuk itu, manfaat daun jambu biji untuk lansia yang selanjutnya yakni dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Low Density Lipoprotein alias LDL merupakan salah satu jenis kolesterol yang bertugas untuk mengangkut lemak ke seluruh tubuh.

Pada dasarnya, kolesterol ini tidaklah jahat bahkan termasuk kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh, asalkan dengan catatan jumlahnya tidak terlalu banyak atau berlebihan.

Sebab, ketika jumlah LDL jaun lebih besar, maka dia akan memicu sejumlah masalah serius terutama untuk jantung. LDL yang terlalu banyak akan mengendap di lapisan pembuluh darah.

Nah, jika dibiarkan, lapisan ini akan mengeras dan menyebabkan peredaran darah tidak lancar hingga penyumbatan. Tersumbatnya pembuluh darah ini tentu sangat berbahaya, terutama bagi jantung.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang mematikan seperti jantung koroner, stroke, hingga tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kalian harus memastikan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh kamu tetap stabil.

Caranya, bukan hanya dengan mengubah pola hidup jadi lebih sehat, tetapi juga mengkonsumsi air rebusan daun jambu biji secara rutin.

Konsumsi air rebusan daun jambu biji dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL dalam tubuh dan membuatnya tetap stabil.

 

3. Menurunkan Gula Darah

Gula darah  yang melonjak mencari mimpi buruk bagi banyak orang, terutama lansia. Sebab, gula darah yang melonjak ini menjadi salah satu permasalahan yang umumnya dirasakan oleh para lansia.

Sementara itu, gula darah naik atau yang dikenal dengan nama diabetes ini merupakan salah satu penyakit berbahaya karena bisa memicu banyak penyakit kronis lainnya.

Untuk itu, bagi kalian atau para lansia yang memiliki riwayat atau terdiagnosa mengalami diabetes harus segera mencegah agar gula darah tetap stabil.

Ada beberapa cara dalam menurunkan gula darah, mulai dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan dan minuman sehat, hingga meminum ramuan herbal yang dapat mengatasi kadar gula darah yang naik.

Untuk ramuan atau obat herbal mengatasi kadar gula darah yang naik, kalian bisa nih mengonsumsi daun jambu biji ataupun air rebusan daun jambu biji secara rutin.

Karena, menurut sebuah penelitian, daun jambu biji ini mampu menghambat enzim tertentu yang mana dapat mengubah karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh.

Hambatan inilah yang akhirnya membuat sukrosa yang mana juga merupakan salah satu jenis glukosa lain menjadi lambat diserap oleh tubuh, sehingga dapat membuat kadar gula darah tetap dalam kondisi stabil atau terkontrol dengan baik.

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji untuk lansia dan cara mengonsumsinya. Selain ketiga manfaat di atas, daun jambu biji ini masih memiliki banyak manfaat yang tentunya juga menyehatkan para lansia.

Beberapa diantaranya adalah dapat melindungi lansia dari kanker, mengobati flu, hingga menjaga atau mengontrol tekanan darah tetap stabil.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *