Example 728x250
Tips Sehat Manula

4 Kadar Nutrisi Yang Sebaiknya Ada Pada Susu Untuk Lansia

156
×

4 Kadar Nutrisi Yang Sebaiknya Ada Pada Susu Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Nutrisi Yang Ada Pada Susu Untuk Lansia
susu khusus lansia


Golansia.comSetiap orang hendaknya mengonsumsi semua nutrisi yang diperlukan untuk memaksimalkan kinerja tubuh. Apalagi ketika seseorang mencapai usia lanjut. seorang dewasa Ada berbagai macam penyakit yang terjadi terutama pada orang lanjut usia. Salah satunya adalah osteoporosis yang menyerang tulang.

Dalam konteks ini, penting bagi lansia untuk mendapatkan nutrisi penting hanya dari makanan. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi susu khusus lansia. Namun pemilihan susu untuk lansia tidak boleh dianggap enteng. Karena susu lansia pasti mengandung beberapa nutrisi.

Kandungan Nutrisi Yang Sebaiknya Ada Pada Susu Untuk Lansia 

  1. Kalsium

Asupan nutrisi penting yang harus ada di dalam susu lansia pertama adalah kalsium dan vitamin D. Nah, mineral kalsium diperlukan lansia untuk menjaga tingkat kepadatan dan kekuatan tulang. Sebab, lansia rentan untuk terkena osteoporosis sebagai salah satu penyakit serius. Selain dari susu, lansia juga dapat memenuhi asupan kalsium dari berbagai makanan. Misalnya seperti kacang almond, sayuran seperti brokoli, pokcoy, hingga sayuran hijau lainnya seperti kale.

  1. Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan dan perlu senantiasa dipenuhi asupannya oleh lansia. Alasannya, kalsium saja tidak cukup untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang serta dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium pada tubuh.

  1. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Sebab, protein diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, meregenerasi dan memelihara sel baru pada tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot tubuh, mencegah sarcopenia, dan membantu menjaga keseimbangan energi,  dan fungsi kardiovaskular. Nah, beberapa penelitian telah mengidentifikasi protein sebagai salah satu nutrisi utama untuk lansia. Karena itu, penting bagi lansia untuk senantiasa memenuhi asupan protein pada tubuhnya.

Protein bisa didapatkan dari susu, daging merah, daging ayam bagian dada, susu dan produk olahannya, telur, kacang almond, oats, dan banyak lagi.

  1. Magnesium

Masih berkaitan dengan protein, nutrisi yang juga diperlukan oleh lansia adalah magnesium. Sebab, magnesium juga berperan untuk membantu proses sintesis protein untuk dicerna tubuh. Selain itu, magnesium secara keseluruhan juga bermanfaat bagi kesehatan otot. Mulai dari meningkatkan kinerja hingga menjaga massa otot. Di sisi lain, magnesium juga berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Lantaran magnesium dapat membantu tubuh dalam mengaktifkan vitamin D. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh secara lebih optimal.

Itulah beberapa nutrisi yang penting bagi lansia. Karena itu, penting bagi lansia untuk memilih susu yang mengandung sejumlah nutrisi tersebut dengan kadar yang tepat.

Kamu pun bisa baca artikel ini utnuk mengetahui Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips Memilihnya.

Hal Lain yang juga Penting Dilakukan

Selain memenuhi segala asupan nutrisi penting, lansia juga perlu melakukan beberapa hal ini:

  • Setidaknya minum enam hingga delapan gelas air putih setiap harinya.
  • Membatasi makanan tinggi lemak jenuh, seperti biskuit, kue kering, daging olahan, burger komersial, pizza, hingga gorengan.
  • Aktif secara fisik dengan melakukan aktivitas fisik intensitas ringan seperti berjalan minimal 30 menit setiap harinya.
  • Membatasi asupan garam karena garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa nutrisi yang perlu ada di dalam susu lansia. Selain memenuhi asupan nutrisi penting dan menerapkan pola hidup sehat, lansia juga perlu memeriksakan kondisi secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *