Example 728x250
Olahraga Manula

5 Olahraga Untuk Lansia Yang Membantu Menjaga Kebugaran Tubuh

48
×

5 Olahraga Untuk Lansia Yang Membantu Menjaga Kebugaran Tubuh

Sebarkan artikel ini
Olahraga Untuk Lansia
lansia bersepeda

Golansia.comOlahraga merupakan salah satu jenis aktivitas fisik yang dilakukan seseorang untuk mempertahankan atau meningkatkan keterampilan dan kemampuan fisik. Tentu saja, seiring bertambahnya usia, pembelajaran Anda perlu berubah. Orang lanjut usia yang kurang berolahraga atau berolahraga terlalu sedikit dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan, seperti nyeri sendi dan otot, tekanan darah tinggi, demensia, bahkan diabetes.

Dengan berolahraga, lansia bisa menjadi lebih aktif dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Ada beberapa olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan baik di rumah maupun di tempat latihan khusus. Cabang olahraga ini akan memiliki komponen latihan yang lebih terbatas dan bervariasi bagi juniornya.

Jenis Olahraga untuk Lansia

Olahraga sangat penting untuk orang dengan usia lanjut, tetapi mungkin akan sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Terlebih lagi jika lansia sudah lama tidak berolahraga. Ada juga kemungkinan besar bahwa olahraga yang dipilih tidak ideal untuk orang dengan usia lanjut.

Pada umumnya, olahraga yang baik dilakukan lansia adalah olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang. Olahraga berat dan dalam waktu yang singkat sangat tidak dianjurkan mengingat fungsi-fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik pada saat muda.

Oleh karena itu, berikut beberapa jenis olahraga yang ideal untuk lansia.

  1. Jalan Cepat

Jalan cepat adalah jenis latihan aerobik yang lebih rendah dibandingkan joging, tetapi tetap merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk lansia. Jalan cepat mampu meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Dibandingkan dengan joging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jadi, jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah, jalan cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Lansia bisa bersepeda statis yang tersedia di pusat kebugaran atau bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Selain tidak berdampak pada persendian, kemungkinan cederanya juga kecil.

  1. Berenang

Latihan aerobik lainnya yang baik untuk lansia adalah berenang. Berenang tidak akan membuat persendian terlalu bekerja keras karena beban tubuh ditopang oleh air. Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang bagus bagi mereka yang mengidap radang sendi dan osteoporosis.

  1. Yoga Kursi

Seperti berenang, yoga kursi adalah bentuk latihan dengan intensitas yang rendah. Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas, yang semuanya merupakan aspek kesehatan penting bagi lansia.

Yoga kursi adalah bentuk yoga yang lebih memudahkan karena memberikan lebih sedikit tekanan pada otot, sendi, dan tulang daripada yoga konvensional. Olahraga ini juga telah terbukti meningkatkan kesehatan mental pada lansia. Lansia yang melakukan yoga kursi biasa memiliki kualitas tidur yang lebih baik, tingkat depresi yang lebih rendah, dan melaporkan rasa sejahtera secara umum.

  1. Peregangan

Peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari karena ini adalah latihan penting untuk menjaga kondisi otot lansia yang semakin mengendur. Peregangan bisa dilakukan menggunakan alat seperti rubber untuk melatih semua otot di tubuh. Mulai dari leher, punggung, dada, perut, samping, lengan, paha, dan betis.

Peregangan di bagian persendian di tubuh secara teratur akan membuat sendi tidak kaku, seperti bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Itulah pembahasan mengenai jenis olahraga untuk lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *