Example 728x250
Olahraga Manula

Ini Gerakan Olahraga Yang Aman Untuk Lansia

33
×

Ini Gerakan Olahraga Yang Aman Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Gerakan Olahraga Aman Untuk Lansia
senam lansia


Golansia.com – Apakah olahraga untuk lansia terdengar aneh bagi Anda? Jangan salah, olahraga ini sudah sangat populer dan banyak dilakukan. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan hal yang penting bagi semua orang. Namun, orang lanjut usia mungkin akan kesulitan melakukan jenis olahraga tertentu.

Oleh karena itu, senam dapat menjadi salah satu olahraga bagi lansia. Senam merupakan olahraga yang memerlukan kekuatan, ketangkasan, kelenturan, keseimbangan dan koordinasi tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja. Lalu apa saja gerakan olahraga yang aman untuk lansia?

Senam Lansia yang Bisa Dicoba 

Ada beragam gerakan olahraga untuk lansia yang bisa Anda coba. Meski terdengar sederhana, olahraga jenis ini, sama seperti olahraga lainnya, ternyata memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa gerakan olahraga untuk lansia yang bisa Anda coba di rumah:

Angkat Beban

Jangan bayangkan mengangkat beban yang berat seperti di pusat kebugaran. Pada lansia, gerakan senam yang bisa dilakukan adalah berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Kemudian genggam barbell ringat atau botol berisi air di kedua tangan. Tekuk kedua siku, kemudian gerakkan tangan ke arah dada.

Angkat Kaki

Gerakan ini dilakukan dengan bantuan kursi. Berdirilah di belakang kursi, pegang sandaran, kemudian angkat salah satu kaki ke belakang. Jangan menekuk lutut. Tahan posisi sebentar, turunkan, lalu lakukan pada kaki yang satu lagi.

Berdiri Satu Kaki

Angkat satu kaki sejajar pinggul, kemudian tahan beberapa detik. Turunkan, dan lakukan gerakan yang sama untuk kaki yang lain. Gerakan senam lansia ini bisa membantu melatih keseimbangan.

Meregangkan Leher

Peregangan tubuh bisa menjadi alternatif senam lansia, salah satunya peregangan leher. Lakukan gerakan ini dengan memutar kepala secara perlahan ke kanan, hingga terasa sedikit meregang. Tahan posisi ini, kemudian putar kepala ke arah sebaliknya dan tahan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Senam lansia bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ingat, jangan memaksakan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *