Example 728x250
Tips Sehat Manula

7 Cara Menambah Nafsu Makan Pada Lansia

272
×

7 Cara Menambah Nafsu Makan Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Menambah Nafsu Makan Pada Lansia
foto: lansia makan


Golansia.com – Penting bagi seorang caregiver untuk mengetahui cara meningkatkan nafsu makan pada lansia. Orang lanjut usia seringkali kehilangan nafsu makan karena berbagai alasan.

Ingat, para lansia tetap perlu makan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap sehat dan aktif. Ingin tahu apa saja tipsnya? Yuk simak pembahasan selanjutnya!

Berbagai Cara Meningkatkan Nafsu Makan Lansia

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan lansia yang hilang, yaitu:

  1. Cari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika lansia tidak nafsu makan adalah mencari tahu apa penyebabnya. Misalnya, apakah ada penyakit atau kondisi tertentu yang menjadi penyebab.

Beberapa obat yang diminum mungkin saja membuat lansia tidak nafsu makan. Periksa juga apakah ada masalah mulut yang terjadi, seperti gigi palsu yang tidak pas, sehingga sulit untuk mengunyah makanan. Jika ada hal yang jadi penyebab, cobalah atasi terlebih dahulu.

  1. Miliki Jadwal Makan dan Camilan yang Teratur

Menetapkan waktu makan yang teratur setiap hari bisa jadi cara meningkatkan nafsu makan lansia yang efektif. Sebab, ini akan membantu tubuh mereka siap untuk makan selama waktu tersebut.

Lansia seringkali sulit untuk merasa lapar sehingga penting untuk memiliki jadwal camilan tetap sebelum waktu makan. Hal ini agar ia tidak makan camilan berlebihan pada waktu yang tidak tepat dan memengaruhi nafsu makan.

  1. Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil tapi Sering

Beberapa lansia mungkin kewalahan oleh makanan dalam jumlah besar. Alih-alih menyajikan sepiring besar makanan, cobalah beri makanan dalam porsi kecil, tapi sering.

Untuk meningkatkan asupan kalori yang dibutuhkan, kamu bisa menambahkan pilihan sehat seperti alpukat, minyak zaitun, daging cincang, telur, selai kacang, atau keju lunak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *