Example 728x250
JantungTips Lansia

4 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Agar Jantung Tetap Sehat di Masa Lansia

48
×

4 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Agar Jantung Tetap Sehat di Masa Lansia

Sebarkan artikel ini
Jantung Tetap Sehat di Masa Lansia
Jantung Tetap Sehat di Masa Lansia


banner 678x960

Golansia.com – Orang lanjut usia lebih berisiko terkena masalah kesehatan dibandingkan orang muda. Salah satu organ yang mendapat masalah adalah jantung.

Sebelum masalah muncul, setiap lansia harus mengetahui cara menjaga kesehatan jantung, terutama melalui pola hidup sehat. Cara-cara berikut sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung pada lansia.

Menjaga Jantung Sehat pada Lansia dengan Pola Hidup Sehat

Penyakit jantung menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan orang lain. Faktanya, sekitar 84 persen orang berusia 65 tahun ke atas meninggal karena penyakit jantung.

Meskipun risiko penyakit jantung meningkat seiring bertambahnya usia, namun hal ini terkadang tidak dapat dihindari. Namun, pola hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan jantung pada lansia.

Lalu pola hidup sehat seperti apa yang harus diterapkan agar para lansia yang sudah tidak muda lagi memiliki jantung yang sehat? Jadi, inilah beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Aktif secara Fisik

Salah satu cara untuk menjaga jantung sehat pada lansia dengan aktif secara fisik. Rutinitas ini baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tanpa memandang usia. Direkomendasikan untuk berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya dalam seminggu.

Ada empat jenis aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh lansia secara teratur, seperti latihan aerobik dan aktivitas untuk memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan, hingga meningkatkan fleksibilitas. Namun, pastikan melakukannya secara bertahap untuk menghindari cedera dan meminimalkan rasa sakit.

  1. Diet Sehat

Cara menjaga jantung sehat pada lansia berikutnya dengan pola makan yang sehat. Selain aktivitas fisik, lansia perlu memperhatikan semua asupan makanan hariannya agar tetap sehat. Hal ini juga penting untuk menangkal penyakit kardiovaskular.

Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, biji-bijian, dan protein. Perlu juga untuk menghindari minuman dan makanan yang kaya kandungan gula, batasi konsumsi mentega serta sumber lemak lainnya.

  1. Pemeriksaan Rutin

Untuk menjaga jantung sehat pada lansia, penting untuk mendapatkan pemeriksaan rutin. Pastikan untuk membawa semua obat, termasuk vitamin dan suplemen, yang dikonsumsi harian oleh orangtua kamu untuk pemeriksaan.

Tanyakan juga tentang seberapa sering perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk kondisi yang memengaruhi kantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

Kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan fisik di beberapa rumah sakit untuk orangtua yang sudah lansia dengan cara online melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya dengan sekali tekan. Untuk menikmatinya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

  1. Perhatikan Berat Badan

Perhatikan berat badan dengan baik juga menjadi cara menjaga jantung sehat pada lansia. Kamu juga perlu memperhatikan berat badan orangtua kamu secara rutin setiap harinya. Jika mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, risiko untuk mengalami masalah pada jantung, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2 lebih tinggi.

Untuk itu, menjaga berat badan tetap ideal juga penting untuk menjaga otot dan tulang tetap sehat, serta beban yang ditanggung oleh tubuh bagian bawah tidak berlebihan.

Nah, sekarang kamu tahu tentang beberapa cara untuk menjaga jantung sehat pada lansia. Pastikan orangtua kamu melakukan semua hal ini agar jantungnya tetap sehat, sehingga terhindar dari komplikasi berbahaya yang bisa berakibat fatal. Tentunya, kamu ingin orangtua memiliki umur yang panjang dan melihatnya tetap bahagia di hari tuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *