Example 728x250
BerandaJantungKesehatan

6 Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Pria yang Umum Terjadi Ini Perlu Diwaspadai

90
×

6 Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Pria yang Umum Terjadi Ini Perlu Diwaspadai

Sebarkan artikel ini

Golansia.com — Pria memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Maka sangat penting untuk diketahui ciri-ciri penyakit jantung pada pria terutama lansia. Mari kita simak alasannya.

Dikutip dari laman Louisiana Heart and Vascular, pria cenderung lebih sering mengalami penyakit jantung dibandingkan wanita. Hal ini kemungkinan lantaran wanita memiliki jumlah hormon estrogen dan progesterone yang jauh lebih tinggi dibanding pria. Estrogen dapat membantu mengurangi peradangan yang bisa menimbulkan penumpukan plak pada arteri jantung, sementara progesterone berkontribusi dalam mengurangi tekanan darah.

Tak hanya menyerang pria yang sudah lanjut usia, penyakit jantung juga bisa dialami oleh pria yang masih muda. Umumnya, hal ini kerap dipengaruhi oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau sedentary life.

Karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri penyakit jantung pada pria agar kondisinya bisa segera diatasi dan tidak berkembang menjadi lebih parah.

Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Pria

1. Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang paling umum terjadi. Namun, gejala ini ternyata lebih sering dialami oleh pria dibanding wanita.

Umumnya, nyeri terjadi di bagian dada sebelah kiri. Hal ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh arteri jantung, sehingga menimbulkan sensasi nyeri seperti tertekan atau tertindih.

Nyeri dada ini bisa terjadi kapan saja, baik saat beraktivitas maupun beristirahat. Rasa nyeri juga bisa berlangsung hingga beberapa menit dan hilang dengan sendirinya.

2. Nyeri di Tubuh Sebelah Kiri

Selain di area dada, rasa nyeri akibat penyakit jantung juga bisa menyebar ke bagian tubuh sebelah kiri lainnya, seperti tangan, bahu, dan lain sebagainya. Bahkan, pada beberapa kasus nyeri juga bisa menyebar ke rahang dan tenggorokan.

Meski begitu, nyeri pada bagian tubuh tersebut tidak bisa serta merta dinyatakan sebagai ciri-ciri penyakit jantung. Berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu terkait gejala yang dirasakan, terutama jika disertai dengan nyeri pada dada sebelah kiri.

3. Gangguan Irama Jantung

Ciri-ciri penyakit jantung pada pria juga dapat berupa gangguan irama jantung, atau yang dikenal juga dengan sebutan aritmia. Aritmia adalah kondisi yang membuat jantung berdetak secara tidak beraturan, seperti terlalu lambat (bradikardia) atau terlalu cepat (takikardia).

Aritmia juga menjadi salah satu gejala yang kerap terjadi pada seseorang yang mengalami serangan jantung atau henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest).

4. Napas Tersengal

Napas tersengal adalah salah satu ciri-ciri penyakit jantung pada pria. Kondisi ini biasanya terjadi akibat jantung yang tidak mampu memompa darah dan oksigen secara efektif.

Sebagai respons, tubuh akan berusaha bernapas lebih cepat untuk mendapatkan oksigen dari udara. Hal inilah yang membuat pengidap penyakit jantung sering mengalami kesulitan bernapas atau napas tersengal.

5. Pusing

Pusing merupakan ciri-ciri penyakit jantung pada pria yang sering disepelekan karena mirip dengan gejala penyakit ringan lainnya. Gejala ini bisa muncul ketika sistem kelistrikan jantung tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gangguan detak jantung yang tidak beraturan.

6. Keringat Dingin

Umumnya, penyakit jantung menyebabkan gangguan yang memaksa jantung harus bekerja lebih keras dalam menjalankan fungsi memompa darah. Akibatnya, suhu dalam tubuh bisa meningkat.

Untuk mengatasinya, tubuh akan mengeluarkan keringat guna menurunkan suhu dalam tubuh. Karena itu, pengidap penyakit jantung bisa saja berkeringat meskipun tidak merasa gerah atau berada di ruangan yang sejuk.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *