Example 728x250
BerandaGinjalTips Sehat Manula

Meski Air Kelapa Kaya Manfaat, Penderita Ginjal Harus Waspada Unsur Bahayanya

283
×

Meski Air Kelapa Kaya Manfaat, Penderita Ginjal Harus Waspada Unsur Bahayanya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi air kelapa (foto istimewa)


Golansia.com — Air kelapa memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti baik untuk kulit, lambung dan lainnya. Akan tetapi, selain manfaat, Anda juga harus tahu efek samping dari air kelapa, terutama jika Anda penderita ginjal.

Seperti kita ketahui, air kelapa cairan yang cenderung bening, kaya akan nutrisi sehingga bermanfaat bagi kesehatan kita. Biasanya masyarakat mengkonsumsinya pada musim panas. Anda juga bisa meminum air kelapa kapan saja asalkan tidak berlebihan.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di US National Library of Medicine menemukan bahwa minum air kelapa dapat menurunkan gula darah pada tikus penderita diabetes. Ini juga berguna bagi manusia.

Sayangnya air kelapa juga memiliki efek samping yang tidak boleh dianggap remeh. Meski Anda bisa minum air kelapa setiap hari, penderita retensi air, penyakit ginjal, atau operasi jantung harus mengikuti batasan tertentu saat meminum air kelapa.

Selain itu, moderasi juga penting. Meski menyehatkan, sebaiknya jangan terlalu banyak minum air kelapa. Seperti dilansir Healthshots, Minggu (29 Oktober 2023), berikut efek samping minum air kelapa.

Efek Samping Minum Air Kelapa

  1. Minuman ini merupakan obat pencahar alami sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan diare.
  2. Air kelapa adalah minuman nabati, dan beberapa orang mungkin alergi terhadapnya. Gatal-gatal, gatal dan bengkak merupakan beberapa gejala reaksi alergi terhadap air kelapa.
  3. Air kelapa mengandung potasium yang tinggi, sehingga penderita masalah ginjal sebaiknya membatasi asupannya.
  4. Minum air kelapa terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan air, yaitu suatu kondisi dimana tubuh memiliki terlalu banyak air. Gejala keracunan air bisa berupa sakit kepala, mual, muntah, dan kebingungan.

Manfaat Minum Air Kelapa

  1. Kesehatan kulit

Air kelapa adalah sumber cairan yang baik dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Karena merupakan sumber antioksidan yang baik, Anda tidak perlu terlalu memikirkan garis-garis halus dan kerutan. Antioksidan dapat bekerja melindungi kulit Anda dari kerusakan. Ini juga mengandung vitamin C dan E, yang penting untuk kesehatan kulit, kata Vasudevan kepada Health Shots.

  1. Pencegahan batu ginjal

Dokter akan menyarankan Anda untuk minum banyak air untuk mencegah batu ginjal. Minum juga air kelapa karena dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan mengencerkan konsentrasi mineral yang dapat membentuk batu. Tapi, tidak berlebihan.

  1. Pencernaan

Air kelapa diketahui memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini juga mengandung enzim yang dapat membantu memecah makanan yang Anda makan.

  1. Keseimbangan elektrolit

Air kelapa mengandung potasium, natrium, dan magnesium yang merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang banyak berkeringat.

  1. Pengaturan tekanan darah

Air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi. Hal ini disebabkan kandungan potasiumnya yang tinggi, yang membantu menyeimbangkan efek natrium.

 


Dr. Abidinsyah Siregar

Air kelapa adalah cairan alami kaya elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

Ditemukan banyak khasiatnya, antara lain Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh, Kebutuhan Elektrolit dan memelihara daya tahan/ imunitas tubuh. Terhadap penyakit dapat mencegah
Penyakit Jantung, Hipertensi atau menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Juga mencegah batu ginjal.

Tentu orang yang Hipotensi sebaiknya tidak minum air kelapa secara berlebihan.

Khususnya penderita ginjal, air kelapa hijau perlu untuk dihindari karena kandungan kalium nya yang sangat tinggi, demikian Dr. Abidin, founder GOLansia.com melengkapi pesan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *