Example 728x250
DiabetesTips Sehat Manula

Penderita Diabetes Bisa Mencoba 5 Cara Menurunkan Gula Darah di Pagi Hari Ini

223
×

Penderita Diabetes Bisa Mencoba 5 Cara Menurunkan Gula Darah di Pagi Hari Ini

Sebarkan artikel ini
Menurunkan Gula Darah
Penderita Diabetes Bisa Mencoba 5 Cara Menurunkan Gula Darah di Pagi Hari Ini Foto: pexel

Golansia.com – Cara menurunkan gula darah di pagi hari pada pasien diabetes berikut ini bisa Anda coba.

Artikel ini juga menjelaskan mengapa kadar gula darah meningkat pada penderita diabetes

Situs web Very Well Health mengatakan gula darah puasa Anda, kadang disebut gula pagi, adalah jumlah glukosa dalam darah Anda delapan hingga 10 jam setelah Anda belum makan.

Ini akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat tentang seberapa baik Anda mengontrol kadar gula darah tanpa makanan.

Ada beberapa cara mengontrol gula darah pagi secara alami jika Anda menderita diabetes. Ini bisa sangat membantu jika Anda melihat lonjakan gula darah secara tiba-tiba dan Anda tidak mengetahui alasannya.

Mengapa gula darah tinggi di pagi hari

Idealnya, jika diabetes Anda terkontrol dengan baik, gula darah Anda harus berada di antara 70 dan 99 miligram per desiliter (mg/dL) pada tes gula darah pagi Anda.

Namun, seringkali seseorang menyadari bahwa kadar gula darahnya tinggi padahal telah melakukan semua yang diperintahkan dokter.

Hal ini dapat disebabkan oleh fenomena yang relatif umum yang disebut mual di pagi hari, yang mempengaruhi sekitar 50% penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Morning Sickness disebabkan oleh serangkaian kejadian yang terjadi saat tidur.

Pada penderita diabetes, tubuh memproduksi insulin lebih sedikit pada malam hari. Insulin adalah hormon yang memberi tahu hati kapan harus berhenti memproduksi glukosa. Saat pagi menjelang, hormon seperti kortisol dan glukagon dilepaskan sebagai bagian dari siklus tidur-bangun tubuh untuk memasok glukosa ke sel dan mempersiapkannya untuk hari yang akan datang.

Kombinasi kadar insulin yang rendah dan kadar hormon yang tinggi di pagi hari berkontribusi terhadap lonjakan gula darah (dikenal sebagai hiperglikemia).

Meski mual di pagi hari sering terjadi, menurut Very Well Health, ada lima hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gula darah tinggi dengan lebih baik:

  1. Ubah rutinitas latihan Anda

Olahraga menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berarti, tubuh Anda menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif.

Penelitian menunjukkan, berolahraga di sore hari atau setelah makan malam membantu menstabilkan kadar insulin di malam hari. Dengan menjaga kadar insulin Anda pada kondisi stabil, tubuh dapat melawan lonjakan glukosa alami di pagi hari.

Anda tidak memerlukan latihan keras untuk mencapai hal ini. Sebaliknya, lakukan latihan intensitas rendah seperti:

  • Sedang berjalan
  • Bersepeda
  • Renang
  • Yoga

Jika kadar gula di pagi hari masih tinggi, melakukan olahraga intensitas sedang sebelum sarapan bisa membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat sekaligus meningkatkan kontrol glukosa sepanjang hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *