Example 728x250
Paru-Paru

5 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru Pada Lansia

125
×

5 Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Menjaga Kesehatan Paru-Paru Pada Lansia
paru-paru lansia/freepik


Golansia.com – Paru-paru adalah organ yang luar biasa dan bekerja sangat keras setiap hari. Namun, organ ini tidak kebal terhadap perjalanan waktu. Seiring bertambahnya usia, paru-paru Anda mengalami banyak perubahan. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk menjaga kesehatan paru-parunya.

Apalagi jika Anda tidak ingin menderita gangguan kesehatan yang berhubungan dengan paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun orang lanjut usia lebih rentan tertular. Kabar baiknya adalah COPD adalah salah satu masalah pernafasan yang paling dapat dicegah.

Cara Lansia Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Seperti bagian tubuh lainnya, paru-paru bisa menua. Organ ini bisa menjadi kurang fleksibel dan kehilangan kekuatan sehingga membuat sulit bernapas.

Namun, ada beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru pada orang lanjut usia yang tentunya bisa diterapkan di usia lebih muda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Hindari Rokok atau Berhenti Merokok

Rokok adalah “musuh utama” paru-paru. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk PPOK, kanker, dan asma. Kebiasaan ini juga bisa membuat berbagai penyakit tersebut semakin parah.

Menurut laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Merokok menyebabkan sekitar 80 persen (atau 8 dari 10) dari semua kematian akibat PPOK.

Rutin Olahraga

Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur mungkin adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sama seperti olahraga membuat tubuh tetap bugar, ini juga membuat paru-paru tetap sehat.

Saat berolahraga, jantung berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras. Tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot, dan ini membuat pernapasan meningkat. Itulah sebabnya penting untuk secara teratur melakukan olahraga.

Hindari Paparan Polutan

Paparan polutan di udara dapat merusak paru-paru. Ketika mereka masih muda dan kuat, paru-paru dapat dengan mudah melawan racun ini. Namun, seiring bertambahnya usia, paru-paru kehilangan sebagian kemampuan ini dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Jadi, sebisa mungkin hindarilah paparan polutan, seperti:

  • Asap rokok.
  • Asap kendaraan bermotor.
  • Polutan di tempat kerja.
  • Menghindari Infeksi

Infeksi bisa sangat berbahaya bagi paru-paru, terutama seiring bertambahnya usia. Bahkan, lansia yang sehat dapat dengan mudah mengembangkan pneumonia jika mereka tidak hati-hati.

Cara terbaik untuk menghindari infeksi paru-paru adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Cuci secara teratur dengan air hangat dan sabun, dan hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Selain itu, jangan lupa minum air yang cukup, konsumsi banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan sistem kekebalan.

Bernapas Dalam-Dalam

Napas yang pendek berarti kamu hanya menggunakan sebagian kecil dari paru-paru. Sementara itu, pernapasan yang dalam membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen penuh.

Jadi, cobalah rutin melakukan latihan pernapasan dalam, untuk membuat kerja paru-paru menjadi lebih efisien. Caranya, duduklah di suatu tempat dengan tenang, dan perlahan-lahan tarik napas melalui hidung.

Kemudian hembuskan napas setidaknya dua kali lebih lama melalui mulut. Lebih baik lagi, coba hitung selagi menarik dan membuang napas. Misalnya, saat menarik napas, hitung 1-2-3-4. Kemudian saat mengeluarkan napas, hitung 1-2-3-4-5-6-7-8.

Itulah pembahasan mengenai tips menjaga kesehatan paru-paru bagi lansia. Dapat diketahui bahwa cara membantu organ ini tetap berfungsi optimal cukup mudah, ya.

Asalkan ada niat yang kuat dan juga kedisiplinan untuk menjaga gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *