Example 728x250
BerandaJantungKesehatan

Yuk Kenali Jantung Agar Hidup Lebih Beruntung

190
×

Yuk Kenali Jantung Agar Hidup Lebih Beruntung

Sebarkan artikel ini


Golansia.com — Setiap manusia memiliki satu organ yang menjadi alat paling vital fungsinya, dalam menjalankan seluruh kehidupan. Organ ini dinamakan jantung.

“Jantung yang berukuran sebesar kelapan tangan, bekerja terus menerus sepanjang kita masih bernapas, tidak diperintah oleh kita, bekerja sesuai fungsional sebagai kodratnya memompa darah,” kata Dr. Abidinsyah Siregar saat melakukan siaran di Smar FM.

Dr. Abidin menuturkan, jantung akan melakukan proses pemompaan darah yang hebat sekali dalam satu menit lima ribu liter sudah jantung putar di dalam tubuh kita. dengan 72 kali proses mendenyutnya jantung, mengaliri pembulu darah yang panjanganya puluhan ribu kilo meter.

“Kemudian kalau dihitung berapa banyak darah yang mengalir sepanjang satu jam sekitar 40 ribu liter, sementara darah kita cuma banyaknya 4 liter. Tetapi dalam satu jam akan terjadi puluhan ribu liter yang akan dialirkan dari jantung dan kembali ke jantung. Dan sebelum kembali ke jantung akan melewati proses penyaringan di ginjal, proses oksigenasi di paru-paru lalu kembali ke jantung. Di jantung kemudian sudah mengandung oksigen yang cukup dan dialirkan lagi pada menit berikutnya ke seluruh tubuh sehingga tubuh kita itu mendapatkan oksigen yang cukup, nutrisi yang cukup, sehingga semua fingsi dalam tubuh kita berfungsi dengan baik,” lanjutnya.

Tahun 2023 World Health Organization (WHO) termasuk World Heart Federation (WHF) memberikan tema isu “Use Heart Know Heart”, Dr. Abidin menyebut kita kebanyakan Use Heart, menggunakan jantung, hanya tahu punya jantung tapi ad kata kedua “know heart”.

“Kenalilah jantungmu, kalau sudah kenal maka mudah-mudahan kita beruntung,” ucap Dr. Abidin.

Bagaimana cara merawat jantung, Anda sudah menggunakan jantung sudah pahamkah anda dengan jantung itu?

Jantung normal berdenyut 72 kali per menit, mengirimkan darah dalam satu menit 5 ribu liter per putaran. Selain itu organ membutuhkan kecepatan dan singkronisasi darah ke seluruh jaringan karena pada saat yang sama semua darah akan kembali lagi ke jantung, melewati ginjal untuk disaring, racun dibersihkan, kemudian masuk ke hari untuk membersihkan racun, sampi ke paru-paru darah yang masih kotor disaring dan diisi dengan oksigen hasil dari pernapasan dari udara bersih.

“Terakhir sampai di jantung, darah menempati ruang pentrikel kanan atas turun ke bawah dan kemudian dengan otot yang paling tebal pada jantung dia akan menyemburkan darah ke seluruh tubuh,” jelasnya.

Apa yang harus kita jaga untuk jantung?

  1. Olah raga yang teratur

Setiap hari selama 30 menit menggerakan tubuh, seperti berjalan, jalan di tempat, treadmil, bisa senam atau yoga. Jika tidak bisa lakukanlah tiga kali dalam seminggu degan durasi minimal 30 menit.

2. Pola makan sehat

Pola makan jangan masukan ke tubuh kita sesuatu yang memberatkan fungsi jantung, misalnya memakan lemak terlalu banyak, makan terlalu berlebihan, jenis makanan tidak seimbang, jangan makan nasi terlalu banyak tidak seimbang dengan jumlah sayur dan buah.

3. Cek Kolestrol ke laboratorium

Perlu dicek kolestrol, kolestrol merupakan indikator bahwa di dalam pembulu darah kita ditemukan karang-karang kolestrol yang berasal dari kapur dari garam dan lemak yang sudah melekat lama, sehingga pembulu darah yang tadinya bulat menjadi banyak menempel karang-karang kolestrol. Maka perlu di monitor seberapa banyak itu di dalam tubuh kita.

4. Air Putih dan istirahat

Rajin minum air putih dan istirahat yang cukup dapat mempengaruhi kesehatan jantung

5. Berhenti Morokok

Jika sudah merasa napas sudah menderu, jalan sudah sesak, merasa selalu tidak fit. Coba periksa kalau anda perokok maka berhentilah merokok. Bila anda belum mau berhenti, lingkungan dijaga kebersihan dan kesehatannya, jangan merokok di tempat umum, carilah tempat khusus untuk perokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *