Example 728x250
BerandaMenu Makanan Sehat

Catat! Ini 7 Buah yang Bagus untuk Asam Lambung

119
×

Catat! Ini 7 Buah yang Bagus untuk Asam Lambung

Sebarkan artikel ini


Golansia.com — Jika Anda penderita asam lambung, maka perlu menjaga pola makan agar tidak terjadi kekambuhan. Tak hanya menu utama, pengidap GERD juga harus pandai-pandai dalam memilih buah-buahan yang dimakan.

Buah yang bagus untuk asam lambung yaitu yang memiliki kadar asam rendah, seperti pisang, alpukat dan pepaya.

Simak penjelasan berikut uuntuk mengetahui lebih lanjut buah-buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung.

 

Apa buah yang bagus untuk asam lambung?

Dilansir dari HealthCentral, berikut beberapa buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung:

  • Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mudah dicerna dan rendah asam, dibanding lainnya sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung. Pisang juga memiliki kandungan kalium yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit batu ginjal.

  • Melon

Melon juga tergolong buah yang bagus untuk asam lambung karena kandungan asamnya yang sangat rendah. Dengan mengonsumsi buah melon, Anda juga dapat merasakan manfaat penting likopen, antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan menghidari penyakit kanker.

  • Alpukat

Alpukat memiliki tekstur yang lembut dan lumat sehingga termasuk buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Orang yang mengalami GERD berisiko mengalami peradangan atau iritasi pada saluran pencernaan, terutama di lapisan esofagus. Karena itu, penderita asam lambung sebaiknya makan buah bertekstur lumat seperti alpukat.

  • Pepaya

Pepaya rendah asam jadi bisa dikonsumsi penderita asam lambung. Buah ini juga memiliki kandungan beta-karoten serta vitamin C yang menyehatkan tubuh.

  • Semangka

Selanjutnya, buah yang bagus untuk asam lambung adalah semangka. Buah ini dapat meredakan asam lambung karena kandungan air yang cukup tinggi. Semangka juga dapat menjadi sumber likopen yang turut berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

  • Kelapa

Buah kelapa aman dikonsumsi penderita GERD. Selain itu, kelapa juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung kalium dan berbagai senyawa. Tak hanya itu, air kelapa juga dapat mencegah peradangan pada lambung.

  • Persik

Buah persik mengandung mengandung vitamin esensial dan kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Persik juga termasuk buah dengan pH tinggi sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Paparan di atas menjelaskan beberapa buah yang baik untuk asam lambung. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan tersebut sesuai kebutuhan harian atau mengikuti anjuran dari dokter.

Sementara itu, penderita asam lambung sebaiknya menghindari buah yang menyebabkan asam lambung naik, seperti jeruk, tomat, nanas, dan apel hijau.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *