Example 728x250
Batuk

Batuk Terus-menerus? Kenali 8 Penyebabnya

177
×

Batuk Terus-menerus? Kenali 8 Penyebabnya

Sebarkan artikel ini


Golansia.com — Beberapa dari Anda mungkin merasakan batuk tak kunjung sembuh. Tak jarang hal ini membuat pertanyaan mengapa batuk terjadi terus-menerus?

Perlu diketahui, seseorang dapat menderita batuk terus-menerus selama 8 minggu atau lebih.

Dilansir dari Healthline, batuk terus-menerus memang tidak biasa. Batuk umumnya berlangsung dalam hitungan hari atau mingguk.

Jarang, batuk bertahan lama selama beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahunan. Kondisi batuk jangka panjang ini disebut sebagai batuk kronis.

Gejala batuk kronis ini biasanya, termasuk heartburn, suara serak, pilek, bisa juga mengi, dan sesak napas.

Batuk kronis dapat berkembang bersamaan dengan sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang apa saja yang mungkin menjadi penyebab batuk kronis Anda.

Mengapa batuk terus-menerus? Disarikan dari Mayo Clinic dan Cleveland Clinic, berikut macam kemungkinan penyebab batuk terus-menerus atau batuk kronis:

  • Postnasal drip

Ketika hidung atau sinus Anda menghasilkan lendir berlebih, lendir tersebut dapat menetes ke bagian belakang tenggorokan dan memicu refleks batuk.

Kondisi ini disebut juga sindrom batuk saluran napas atas (UACS).

  • Asma

Batuk yang berhubungan dengan asma bisa datang dan pergi seiring musim, muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, atau menjadi lebih buruk saat Anda terpapar udara dingin, bahan kimia, atau wewangian tertentu.

  • Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

GERD dapat mengiritasi tenggorokan yang semakin lamam bisa menyebabkan batuk kronis. Pada gilirannya, batuk juga memperburuk GERD.

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

PPOK menyebabkan terhambatnya aliran udara dari paru-paru. Jenisnya beragam, termasuk bronkitis kronis dan emfisema. Kebanyakan orang dengan PPOK adalah perokok atau mantan perokok.

  • Alergi

Alergi musiman seperti demam dapat menyebabkan batuk kering dan kronis. Anda lebih mungkin mengalami batuk kronis, jika Anda alergi terhadap debu, jamur, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau alergen umum lainnya.

  • Efek obat tekanan darah

Obat-obatan penghambat ACE (ACE inhibitor) biasanya diresepkan untuk tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Namun, obat ini memiliki efek samping menyebabkan batuk kronis pada beberapa orang.

  • Kanker

Batuk kronis terkadang bisa disebabkan oleh kanker paru-paru atau saluran napas bagian atas. Namun, kebanyakan kasus batuk kronis tidak disebabkan oleh kanker.

Mengutip Cleveland Clinic, penyebab batuk kronis yang paling umum adalah asma, postnasal drop, dan GERD.

Penyebab tersebut mencakup hingga 90 persen dari seluruh kasus batuk kronis. Mengingat ada banyak kemungikinan alasan mengapa batuk terus-menerus, Anda yang mengalami kondisi ini perlu periksa ke dokter. Dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik, menanyakan gejala penyakit, dan merekomendasikan beberapa tes untuk mendiagnosis masalah kesehatan ini.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *