Example 728x250
Kanker

Bisa Pangkas Risiko Kanker hingga 41 Persen, Studi Ini Tunjukkan Manfaat Operasi Bariatrik

89
×

Bisa Pangkas Risiko Kanker hingga 41 Persen, Studi Ini Tunjukkan Manfaat Operasi Bariatrik

Sebarkan artikel ini
ilustrasi operasi (istimewa)


Goansia.com — Operasi bariatrik merupakan pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Prosedur ini biasanya ditujukan pada pengidap obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga.

Namun, selain memangkas lemak di tubuh, operasi bariatrik rupanya memiliki manfaat lain. Sebuah studi baru-baru ini mengungkap bariatrik bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Obesity itu membandingkan riawayat kesehatan selama 38 tahun antara 21.827 orang yang menjalani operasi bariatrik, termasuk di antaranya gastric bypass, gastric banding, bedah bariatrik, dan duodenal switch, dengan mereka yang tidak melakukan prosedur tersebut.

Peneliti menemukan orang-orang yang menjalani operasi bariatrik memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker dibanding mereka yang tidak melakukan. Tak hanya itu, pasien yang melakukan operasi bariatrik juga memiliki risiko 37 persen lebih rendah mengidap kanker yang terkait dengan obesitas.

Lebih lanjut, wanita yang menjalani operasi bariatrik memiliki risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker yang dipicu oleh hormon, seperti kanker payudara, rahim, dan usus besar.

Di sisi lain, operasi bariatrik juga memungkinkan seseorang untuk mengetahui risiko kanker sejak dini.

“Hasil studi menunjukkan kalau kanker tidak hanya bisa dicegah, tapi juga bisa ditunda (dideteksi sejak stadium awal). Contohnya, pasien operasi bariatrik kemunkinan besar akan menjalani skrining pencegahan kanker,” ujar penulis studi sekaligus profesor penyakit dalam dari University of Utah, Ted D Adams, PhD, MPH, dikutip dari Healthline, Rabu (23/8/2023).

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *