Example 728x250
Batu Ginjal

4 Cara Mencegah Batu Ginjal Pada Lansia

54
×

4 Cara Mencegah Batu Ginjal Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Mencegah Batu Ginjal Pada Lansia
Mencegah Batu Ginjal Pada Lansia


Golansia.com – Lansia bisa dikatakan merupakan kelompok umur yang rentan terserang penyakit. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kebiasaan buruk di usia muda yang masuk ke dalam kategori tua.

Salah satu penyakit yang rentan menyerang lansia adalah batu ginjal. Penyakit ini bisa muncul karena kebiasaan sebelumnya, namun bisa juga dicegah pada lansia. Pelajari lebih lanjut di sini!

Beberapa Metode untuk Cegah Batu Ginjal pada Lansia

Batu ginjal adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh timbunan mineral dan garam yang keras di ginjal. Benda keras tersebut ukurannya bisa bermacam-macam, ada pula yang berukuran sekecil butiran pasir, bahkan penderitanya mungkin tidak menyadarinya. Atau bahkan berukuran sangat besar sehingga membuat penderitanya sulit buang air kecil atau bahkan nyeri.

Ginjal merupakan organ saluran kemih utama yang memiliki banyak fungsi, salah satunya menyaring limbah dari darah. Biasanya, ginjal mengandung bahan kimia alami yang membantu melarutkan garam dan mineral. Ketika fungsi ginjal terganggu, garam dan mineral menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Batu ginjal pada orang lanjut usia dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa bahkan infeksi ginjal. Tentu saja, hal ini dapat menimbulkan banyak ketidaknyamanan dan dalam beberapa kasus memerlukan perawatan medis. Oleh karena itu, penting untuk mencegah batu ginjal pada lansia sebelum muncul. Metode apa yang harus diterapkan? Berikut beberapa langkahnya:

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Perlu diketahui, dehidrasi menyebabkan kadar urine pekat yang berisiko untuk membentuk batu ginjal. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah batu ginjal pada lansia adalah mengonsumsi banyak air putih.

Cobalah untuk minum sekitar dua hingga tiga liter air setiap harinya. Pastikan lebih banyak minum air putih, bukan minuman seperti kopi, teh, atau bahkan minuman bersoda. Minuman berkafein memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Hindari Makanan Tinggi Oksalat

Kalsium oksalat adalah sebuah senyawa alami yang kerap mengkristal dan akhirnya menjadi batu ginjal. Oksalat adalah senyawa yang membentuk sebagian besar protein dari sumber hewani, seperti daging merah dan fillet ikan. Pengkristalan terjadi saat kandungan oksalat tersebut menumpuk di ginjal.

Beberapa makanan kaya oksalat yang perlu dihindari, antara lain bayam, kacang almond, buah bit, ubi jalar, dan kedelai. Pastikan untuk mencegah asupan oksalat berlebih untuk mencegah batu ginjal pada lansia.

  1. Berhenti Merokok

Diketahui jika berhenti merokok juga dapat menjadi salah satu cara mencegah batu ginjal pada lansia. Diketahui jika merokok tembakau dapat memengaruhi hormon yang secara langsung dapat mengubah fungsi ginjal. Jika seorang lansia telah mengidap batu ginjal, cobalah untuk berhenti merokok agar risiko untuk kambuh semakin kecil.

  1. Makan Buah Sitrus

Banyak ahli kesehatan yang setuju jika kandungan asam nitrat adalah bahan kimia kuat yang dapat memecah batu ginjal. Nah, ini dapat menjadi salah satu cara mencegah batu ginjal pada lansia.

Kandungan ini secara alami ditemukan pada buah jenis sitrus, seperti lemon, jeruk, dan jeruk bali. Lansia yang rentan terhadap batu ginjal atau pernah mengalaminya, diharapkan untuk mengonsumsi paling tidak dua buah sitrus setiap harinya

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah batu ginjal pada lansia. Jika kamu merawat orangtua yang pernah mengidap masalah ini, ada baiknya untuk benar-benar memperhatikan kebiasaan hariannya, terutama pada makan dan minumnya. Jika semua cara yang disebutkan dilakukan, niscaya batu ginjal dapat dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *