Example 728x250
BerandaDaftar Obat

Dahsyatnya Temu Lawak Si Rempah Jawa, Ini 7 Manfaatnya

304
×

Dahsyatnya Temu Lawak Si Rempah Jawa, Ini 7 Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Temu Lawak (foto istimewa)


Golansia.com — Tak disangka, temu lawak atau Curcuma zanthorrhiza yang merupakan salah satu jenis rempah asli pulau Jawa dan tersebar di Asia Tenggara, ternyata memiliki banyak sekali manfaat.

Temu Lawak dikenal di dunia dengan sebutan Javanese turmeric. Juga dikenal sebagai rempah yang sering digunakan sebagai obat herbal.

 

Manfaat temu lawak

Secara tradisional, temu lawak telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa khasiat temu lawak yang jarang diketahui, melansir Health Benefits Times.

 

Mengatasi masalah pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti perut kembung dapat diatasi dengan temu lawak. Penelitian memperlihatkan, kondisi pasien dengan penyakit kolitis ulseratif (peradangan usus besar) membaik setelah mengonsumsi suplemen temu lawak secara rutin.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pencernaan seperti perut kembung dapat diatasi dengan temu lawak. Penelitian memperlihatkan, kondisi pasien dengan penyakit kolitis ulseratif (peradangan usus besar) membaik setelah mengonsumsi suplemen temu lawak secara rutin.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Temu lawak bisa jadi solusi buat si kecil yang susah makan. Pasalnya, temu lawak dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan meningkat kembali.

Dengan demikian, meningkatkan nafsu makan jadi salah satu manfaat temu lawak.

  1. Mengatasi kanker

Temu lawak diketahui dapat mengendalikan, mencegah, dan membunuh sel kanker termasuk di payudara, usus besar, dan prostat.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa kurkumin yang ada di dalamnya dapat mencegah penyebaran kanker prostat. Diduga, khasiat ini didapat dari senyawa antioksidan yang dimiliki temu lawak.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bagian rimpang adalah bagian yang paling banyak digunakan dari temu lawak. Rimpang sendiri terdiri dari ratusan senyawa yang semuanya terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal.

5. Mencegah jerawat

Temu lawak memiliki sifat astringent yang memicu pengecilan pori-pori kulit sehingga secara tidak langsung mencegah munculnya jerawat.

6. Obat alternatif masalah pada liver

Kurkumin yang ada di dalam temu lawak memiliki khasiat mengatasi gangguan kesehatan di hati atau liver. Kurkumin juga dapat mencegah sel-sel hati berlemak.

7. Meringankan osteoartritis

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi temu lawak selama empat pekan dapat membantu meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan osteoartritis.

Demikian beberapa manfaat temu lawak yang jarang diketahui. Hindari penggunaan pada ibu hamil dan orang dengan penyakit hati serta kantung empedu.

Temu lawak juga tak dapat digunakan dalam jumlah banyak dan jangka waktu lama. Dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan iritasi lambung.

Demi keamanan dan manfaat maksimal, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi suplemen temu lawak.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *