Example 728x250
Asam UratBeranda

Catat, 5 Makanan Penurun Asam Urat Alami Ini Aman Dikonsumsi

113
×

Catat, 5 Makanan Penurun Asam Urat Alami Ini Aman Dikonsumsi

Sebarkan artikel ini


Golasia.com — Bila asam urat menyerang, akan timbul rasa nyeri sendi dan pembengkakan yang menyakitkan. Tetapi, Anda boleh tenang, sebab ada beberapa makanan penurun asam urat alami, seperti buah apel hingga sayuran yang bisa Anda konsumsi.

Sebagaimana diketahui, seseorang yang menderita asam urat perlu mengatur pola makan agar kondisinya segera membaik.

Dalam mengatur pola makan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghindari makanan tinggi purin, seperti jeroan, seafood, daging merah, hingga nangka.

Untungnya, ada beberapa makanan penurun asam urat alami yang aman dikonsumsi. Baca lebih lanjut untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat.

Makanan untuk menurunkan asam urat secara alami

Berikut beberapa makanan penurun asam urat alami yang aman dikonsumsi:

  • Buah pisang

Buah pisang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan asam urat.

Pisang juga mengandung kalium, senyawa yang membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Untuk mencegah dan menurunkan asam urat, Anda disarankan makan pisang sebanyak 1-2 buah per hari.

  • Buah lemon

Serangan asam urat dapat diatasi buah lemon. Anda dapat memotong buah lemon dan dimakan langsung untuk mengatasi asa urat.

Jika tidak suka mengunyah langsung lemon, Anda bisa juga meminum air perasan lemon.

Dilansir dari Healthline, buah lemon dapat membantu meningkatkan pH (kadar keasaman) dalam darah darah dan cairan tubuh lainnya, sehingga kondisi tubuh lebih basa dari biasanya.

Rutin minum air perasan lemon juga menyebabkan tubuh Anda melepaskan lebih banyak kalsium karbonat, sehingga kadar asam urat menurun.

Buah ceri Buah ceri mengandung vitamin C, antioksidan, serta senyawa anti-inflamasi yang bermanfat bagi kesehatan, termasuk mengobati asam urat.

Salah satu senyawa anti-inflamasi pada buah ceri yaitu bernama antosianin yang diyakini dapat menurunkan kadar asam urat, sekaligus meredakan nyeri sendi akibat serangan gout.

  • Buah apel

Apel memiliki kandungan serat yang dapat membantu mengatasi asam urat. Dikutip dari Healthshots, serat menyerap asam urat dari aliran darah dan menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh Anda.

  • Sayuran

Sayuran juga mengandung serat yang tinggi seperti apel, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Contoh sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi asam urat secara alami yaitu buncis, kacang-kacangan, dan brokoli.

Namun, ada beberapa sayuran yang diyakini tinggi purin yaitu bayam dan asparagus sehingga sebaiknya tidak disarankan untuk penderita asam urat.

Kita dapat mengonsumsi beberapa makanan penurun asam urat untuk mengatasi gout secara alami.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi untuk mengetahui porsi makanan penurun asam urat yang sebaiknya Anda konsumsi.

Obat-obatan untuk mengatasi asam urat

  • Jika perbaikan pola makan dan gaya hidup tidak memberi perubahan secara signifikan, dokter mungkin merekomendasikan beberapa obat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan, antara lain:
  • Ibuprofen: untuk mengurangi rasa sakit di area persendian
  • Feburic: menurunkan kadar asam urat tinggi Allopurinol,
  • Febuxostat: mengurangi produksi asam urat Indometasin: meredakan nyeri akibat serangan gout
  • Lesinurad: membuang kelebihan asam urat melalui urine

Setelah mengetahui macam-macam makanan penurun asam urat alami yang aman dikonsumsi, Anda dapat menjajalnya.

Jika setelah mengonsumsi makanan penurun asam urat, Anda masih merasakan sakit akibat serangan gout, segeralah berkonsultasi ke dokter.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *