Example 728x250
Daftar Penyakit

Perlu Diketahui, Inilah 7 Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Lansia

112
×

Perlu Diketahui, Inilah 7 Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Lansia

Sebarkan artikel ini
Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Lansia
ilustrasi: Lansia sedang sakit/freepik


banner 678x960

Golansia.com – Penyakit terkait usia merupakan penyakit yang sering muncul seiring bertambahnya usia. Artinya usia merupakan faktor risiko yang penting. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan masa depan yang sehat di tahun-tahun mendatang.

Para lansia seringkali menderita berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Mengetahui penyakit-penyakit yang sering terjadi pada lansia dapat membantu Anda mulai merencanakan dan mengatur gaya hidup. Tentunya dengan harapan agar tubuh Anda tetap sehat.

Berikut beberapa penyakit yang biasanya berisiko dialami oleh orang lanjut usia.

Dari Jantung hingga katarak

Seiring bertambahnya usia, begitu pula bagian tubuh kita. Akibatnya, fungsi organ-organ tersebut tidak lagi sama seperti pada masa produktif.

Berikut beberapa penyakit yang biasanya rentan dialami oleh orang lanjut usia. 

Penyakit Kardiovaskular

Penyakit jantung merupakan silent killer yang perlu diwaspadai. Bentuk yang paling umum adalah penyakit arteri koroner, yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan arteri utama yang memasok darah ke jantung. Obstruksi dapat berkembang dari waktu ke waktu, atau dengan cepat, dan menyebabkan serangan jantung yang berpotensi fatal.

Penyakit Stroke

Stroke terjadi ketika darah berhenti mengalir dari satu area otak karena gangguan pada salah satu pembuluh darah. Kondisi ini sangat serius karena sel-sel otak yang kekurangan oksigen dalam darah mulai mati dengan sangat cepat.

Ada dua jenis stroke, yang paling umum disebut stroke iskemik dan disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak. Jenis kedua disebut stroke hemoragik dan disebabkan ketika pembuluh darah pecah dan berdarah di otak.

Hipertensi

Tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Tekanan darah yang meningkat secara kronis dapat menyebabkan masalah serius bagi jantung, pembuluh darah, ginjal, dan sistem lain dalam tubuh.

Kanker

Salah satu penyakit perlu diwaspadai pada lansia yaitu kanker.  Menurut American Cancer Society, 77 persen dari semua kanker didiagnosis pada orang di atas usia 55 tahun.

Radang Sendi

Radang sendi merupakan penyakit yang sering terjadi pada lansia. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan memperkirakan bahwa radang sendi mempengaruhi 49,7 persen dari semua orang dewasa di atas 65 tahun. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kualitas hidup yang lebih rendah untuk beberapa lansia.

Meskipun radang sendi membuat tubuh jadi tidak aktif, penting untuk bertanya pada dokter tentang perawatannya. Hal ini termasuk aktivitas yang aman dan mendukung kesehatan lansia.

Diabetes

CDC memperkirakan bahwa 25 persen lansia hidup dengan penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan penyakit yang juga rentan dialami lansia. Diabetes dapat diidentifikasi dan ditangani lebih awal dengan tes darah untuk mengetahui kadar gula darah.

Semakin cepat seseorang mengetahui adanya risiko terkena diabetes, semakin cepat pula kamu dapat merencanakan pengendalian penyakit diabetes.

Katarak

Katarak adalah kekeruhan progresif pada lensa mata yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari faktor usia, paparan sinar ultraviolet, merokok, hingga diabetes.

Menurut US National Institutes of Health, setengah dari lansia memiliki beberapa jenis katarak atau pernah menjalani operasi katarak. Awalnya pengidapnya mungkin tidak merasakan adanya masalah katarak, tapi seiring waktu penglihatan bisa menjadi kabur dan jauh berkurang.

Nah, itulah beberapa penyakit yang rentan dialami lansia. Meski usiamu masih relatif muda, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja penyakit yang sering dialami lansia. Dengan begitu kamu bisa lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan tubuh sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *