Example 728x250
Parkinson

Ini Pilihan Pengobatan Penyakit Parkinson Pada Lansia

114
×

Ini Pilihan Pengobatan Penyakit Parkinson Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Pengobatan Penyakit Parkinson Pada Lansia
ilustrasi: Parkinson lansia


banner 678x960

Golansia.com Penyakit Parkinson menyebabkan kesulitan dalam mengatur atau mengendalikan pergerakan tubuh. Ini juga termasuk ketika orang yang terkena dampak berjalan, menulis atau berbicara. Memburuknya masalah kesehatan ini terbagi menjadi lima tahap atau tahapan, antara lain:

Stadium 1 adalah ketika gejalanya ringan dan tidak menimbulkan masalah bagi orang yang terkena.

Stadium 2 adalah saat gejala pertama muncul. Perkembangan penyakit dari stadium 1 ke stadium 2 sangat bervariasi pada setiap orang.

Stadium 3 adalah ketika gejala menjadi lebih terlihat dan mengganggu aktivitas.

Stadium 4 adalah ketika orang yang terkena mengalami kesulitan berdiri atau berjalan. Pergerakan tubuh menjadi semakin lambat dan individu yang terkena dampak memerlukan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitasnya.

Stadium 5, ketika penyakit Parkinson berada pada kondisi paling parah, membuat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk berdiri. Mereka yang terkena dampak mungkin juga mengalami halusinasi dan delusi.

Pilihan Pengobatan untuk Penyakit Parkinson

Sayangnya, penyakit Parkinson belum bisa disembuhkan secara menyeluruh. Meski begitu, ada beberapa pilihan penanganan yang bisa menjadi pertimbangan untuk membantu meringankan gejala dan meningkatkan kualitas kehidupan pengidapnya, yaitu:

Terapi Pendukung

Ada beberapa pilihan terapi pendukung yang direkomendasikan untuk membantu meringankan gejala penyakit Parkinson, antara lain:

Fisioterapi: terapi ini bertujuan untuk meringankan masalah otot kaku dan nyeri pada persendian, sehingga membantu meningkatkan kelenturan dan kemampuan gerak tubuh. Tidak hanya itu, terapi ini juga membantu menambah stamina dan kemampuan pengidap untuk bisa melakukan aktivitas tanpa harus bergantung pada orang lain.

Perubahan diet: sembelit menjadi salah satu gejala dari penyakit Parkinson. Jadi, pengidap disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih dan makanan berserat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan. Dokter juga bisa merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi untuk pengidap yang mengalami tekanan darah rendah, terlebih ketika bangkit berdiri.

Terapi bicara: terapi ini sangat membantu bagi pengidap penyakit Parkinson yang mengalami kesulitan berbicara. Diharapkan, terapi ini bisa meningkatkan kemampuan berbicara pengidap.

Obat-Obatan

Selain terapi, pilihan pengobatan lainnya untuk mengatasi penyakit Parkinson adalah konsumsi obat. Beberapa jenis obat tersebut, antara lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *