Example 728x250
Wisata Lansia

Mau Piknik Bersama Orang Tua? Berikut 7 Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Lansia

48
×

Mau Piknik Bersama Orang Tua? Berikut 7 Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Lansia
Taman Lansia Bandung


banner 678x960

Golansia.com – Piknik keluarga menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu saat akhir pekan atau hari libur. Namun, jika Anda bepergian bersama orang tua lanjut usia, Anda harus pintar-pintar memilih resort. Tempat wisata apa saja yang cocok untuk lansia?

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda pasti tidak sekuat itu. Oleh karena itu, memilih tempat yang membuat mereka merasa nyaman tentu menjadi prioritas utama. Selain itu, berwisata ke tempat wisata juga sangat melelahkan. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Nah, jika saat ini Anda masih bingung destinasi wisata mana yang ingin Anda kunjungi bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya, simak rekomendasi tempat wisata berikut ini.

Tempat Wisata yang Cocok untuk Lansia

Usia senja tak menghalangi seseorang untuk tetap bisa menikmati waktu liburan. Namun, kamu juga harus bijak dalam memilih destinasi wisata yang tepat supaya tidak ada kendala saat bepergian bersama orang tua tercinta. Beberapa opsi tempat wisata di bawah ini semoga bisa jadi inspirasi buat kamu ya!

  1. Taman Lansia Bandung

Wisata di kota Bandung memang tak ada habisnya. Jika kamu mengunjungi ibu kota Jawa Barat ini saat berlibur bersama orang tua, maka jangan lupa untuk mampir ke Taman Lansia yang ada di Bandung.

Sesuai dengan namanya, secara khusus taman ini memang ditujukan untuk orang-orang yang sudah lanjut usia. Harapannya, dengan dibangunnya taman ini, para lansia bisa refreshing sambil menikmati daya tarik yang ada di sana. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan indah dari danau buatan, berfoto di beberapa spot yang instagramable, dan fasilitas wifi gratis.

  1. Kampung Wisata DJampang Bogor
Kampung Wisata DJampang Bogor

Beralih ke Kota Bogor kamu bisa mengajak orang tua tercinta untuk mengunjungi Kampung Wisata DJampang yang menyuguhkan banyak hal tentang budaya tradisional. Menariknya, kampung wisata yang memiliki luas hingga 25 kilometer ini terdiri dari 4 kecamatan dan 50 tempat wisata yang tidak boleh untuk kamu lewatkan.

Kamu wajib mengajak orang tua kesini karena ada banyak hal yang bisa membuat mereka bernostalgia. Beberapa daya tarik yang bisa kamu lihat di antaranya adalah kerajinan batik, tempat penempaan golok, minyak urut, dan pencak silat yang merupakan seni bela diri tradisional dari Indonesia.

  1. Desa Wisata Osing Banyuwangi

Tempat wisata yang cocok untuk lansia berikutnya adalah Desa Wisata Osing yang ada di Banyuwangi. Bagi kamu yang tinggal atau sedang berada di Kota Banyuwangi, maka tempat ini jadi pilihan yang tepat untuk kamu habiskan bersama keluarga terutama orang tua tersayang.

Hal menarik yang bisa dijumpai di sini adalah banyaknya penduduk asli yang masih aktif meski sudah memasuki usia lanjut. Kamu bisa mengajak orang tua untuk berinteraksi dengan penduduk sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana.

Salah satu spot menarik yang tak boleh kamu lewatkan adalah mampir ke kebun teh yang sejuk dan menenangkan. Tak lupa, kamu bisa sekalian makan bersama atau melakukan hal-hal menarik lainnya.

  1. Taman Situ Gintung Tangerang Selatan

Jika Bandung punya Taman Lansia, di Tangerang Selatan ada Taman Situ Gintung yang juga memiliki danau dengan pemandangan yang indah. Bahkan, danau ini sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda lho!

Selain menikmati keindahan danau yang ada di sana, kamu dan orang tua juga bisa melakukan banyak hal seperti bermain angklung, membuat kerajinan keramik, batik tulis, dan juga wayang kulit.

  1. Jembatan Barelang Batam
Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang menjadi spot wisata unggulan para wisatawan yang berkunjung ke Batam. Nah, kamu bisa mengajak keluargamu untuk datang ke tempat ini saat liburan tiba. Selain itu, kamu juga bisa mengajak orang tua atau kakek nenek untuk menikmati tur kapal pesiar yang pastinya akan membuat liburanmu bareng keluarga lebih berkesan.

  1. Sanur Bali

Kawasan Sanur di Bali menjadi tempat liburan yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga, apalagi jika mengajak lansia. Pasalnya, suasana di kawasan Sanur cukup tenang, sehingga kamu sekeluarga bisa berwisata dengan nyaman.

Bahkan, wisata pantai pasir putih yang ada di Sanur terkenal lebih sepi jika dibandingkan dengan pantai-pantai populer yang ada di sekitarnya seperti Pantai Kuta, Seminyak, atau Legian.

Tak hanya itu saja, lalu lintas jalan raya di kawasan Sanur juga cukup sepi sehingga jarang terjadi kemacetan. Oleh sebab itu, tempat ini tidak boleh kamu lewatkan saat mengajak orang tua pergi liburan ke Bali ya!

  1. Museum Ullen Sentalu

Jalan-jalan ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum ini merupakan museum budaya dan seni Jawa yang terletak di dataran tinggi Kaliurang, Yogyakarta. Museum ini menampilkan beberapa peninggalan sejarah seperti artefak kerajaan dan Keraton Jawa.

Hal menarik selain koleksi yang dimiliki museum ini adalah gaya arsitektur yang bernuansa gotik dan tropis. Suasananya pun sangat asri dan rindang karena ditumbuhi dengan banyak pepohonan di sepanjang museum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *