Example 728x250
BerandaStroke

Lakukan Ini di Periode Emas Perawatan Stroke Bisa Menyelamatkan Penderita

101
×

Lakukan Ini di Periode Emas Perawatan Stroke Bisa Menyelamatkan Penderita

Sebarkan artikel ini
Lakukan Ini di Periode Emas Perawatan Stroke Bisa Menyelamatkan Penderita (foto istimewa)


Golansia.com — Penderita Stroke dapat diselamatkan dari risiko cacat atau meninggal dunia saat mengalami serangan. Kuncinya ada pada periode emas untuk perawatan stroke.

Dr. Mursyid Bustami, Sp.S.(K.), K.I.C., M.A.R.S. dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional menyebutkan, pertolongan pertama bagi penderita stroke harus membawa penderita sesegara mungkin ke rumah sakit.

“Tidak ada cara lain kalau terkena stroke, segera ke rumah sakit. Langsung,” kata Mursyid, dikutip dari Mediakom (4/7/2023).

Menurut Mursyid, penderita perlu segera dibawa ke pusat layanan kesehatan karena terdapat periode emas dalam perawatan stroke. Sebab waktu krusial untuk penanganan stroke lamanya periode emas ini 4,5 jam setelah serangan stroke pertama.

Semakin cepat penderita stroke diberikan pertolongan medis, maka semakin kecil tingkat kerusakan otak, risiko cacat, dan kematian.

Ada baiknya penderita dibawa ke rumah sakit maksimal dua jam setelah terjadinya serangan stroke.

Lebih lanjut Mursyid menjelaskan, waktu sangat krusial bagi perawatan stroke karena terkait tingkat kerusakan sel akibat gangguan fungsi otak.

“Ketika seseorang kena stroke, dalam 1 menit, 32.000 sel mati. Dalam 1 jam, sekitar 120 juta sel mati. Kalau banyak sel yang rusak, maka risiko cacatnya semakin banyak,” jelas dia.

Mengingat waktu krusial untuk menyelamatkan penderita dari risiko cacat dan kematian, Mursyid mengatakan saat ini banyak rumah sakit yang menyediakan perawatan stroke kurang dari 1 jam, khususnya untuk stroke iskemik atau penyumbatan pembuluh darah di otak.

Apa saja perawatan stroke?

Dokter Mursyid menjelaskan perawatan stroke bisa berbeda-beda, tergantung jenis stroke dan tingkat keparahan penyakit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Terapi obat

Penderita stroke iskemik atau penyumbatan pembuluh darah akan diberikan obat trombolisis. Obat ini berguna untuk mengurai penyumbatan agar aliran darah kembali lancar

  • Pengambilan sumbatan pembuluh darah

Apabila penyumbatan terjadi pembuluh darah besar, tenaga kesehatan akan mengambil sumbatan dengan dengan alat bantu kateterisasi bernama CathLab.

  • Operasi

Apabila terjadi stroke hemoragik atau pendarahan pada pembuluh darah, penderita stroke perlu dioperasi. Operasi ini bertujuan untuk menambal pembuluh darah yang pecah dengan alat sejenis klip.

  • Proses pemulihan

Setelah tindakan medis untuk pertolongan pertama stroke, penderita lantas menjalani perawatan untuk pemulihan sembari menanti kondisi kesehatan penderita stabil. Selain itu, penderita juga mendapatkan perawatan neuro-restorasi atau neuro-rehabilitasi. Tujuan perawatan ini untuk mengembalikan fungsi tubuh yang terganggu akibat serangan stroke.

Berapa lama waktu perawatan stroke?

Perawatan stroke sampai kondisi penderita stabil bisa berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan serangan stroke dan kondisi kesehatan penderita.

Waktu perawatan stroke untuk kasus penyumbatan pembuluh darah biasanya lebih singkat, antara 3 sampai 4 hari kondisi penderita sudah stabil.

Sedangkan perawatan stroke untuk kasus pecah pembuluh darah biasanya lebih lama, butuh waktu sekitar 2 minggu agar kondisi penderita stabil.

Setelah menyimak penjelasan periode emas perawatan stroke berikut proses perawatannya dari ahli di atas, pastikan Anda tidak menyepelekan gejala stroke.

Segera bawa penderita ke rumah sakit jika Anda mendapati gejala stroke seperti tiba-tiba wajah mencong, tersedak-sedak, tidak bisa minum, bicara pelo atau meracau, separuh bagian tubuh kebas atau mati rasa atau tidak bisa bergerak, sakit kepala parah, atau sempoyongan.

sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *