Example 728x250
Kesehatan

Kiat Jaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem Melanda

106
×

Kiat Jaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem Melanda

Sebarkan artikel ini
Kiat Jaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem Melanda (ilustrasi ist)


banner 678x960

Golansia.com — Akhir-akhr ini cuaca ekstrem sedang tidak menentu, biasanya kondisi tubuh pun menjadi rentan terserang berbagai penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke hujan bisa menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan berisiko membuat terkena flu, batuk, hingga demam.

Melansir Antara, berikut sejumlah kiat yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan pada saat cuaca seperti itu:

1. Istirahat yang cukup

Bekerja dan bermain seharian pasti bikin kamu jadi kelelahan dan berisiko menurunkan imun tubuh. Untuk itu, penuhi waktu tidur yang cukup setiap harinya mulai dari tujuh hingga delapan jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan lebih rileks di pagi hari dan siap beraktivitas lebih optimal.

2. Sempatkan olahraga

Rebahan memang lebih enak dibanding harus jogging di pagi. Namun, 30 menit jogging bisa membantu kamu membakar 190 kalori. Selain membuat tubuh sehat dan membantu menyegarkan tubuh, olahraga juga bisa membakar kalori berlebihan yang ada di tubuh.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Nasi padang dan gorengan memang enak, boleh juga jadi menu makanan favorit, tapi ingat penuhi asupan serat, vitamin, dan mineral penting lainnya dari buah dan sayur juga. Ada kandungan nutrisi penting pada buah dan sayur yang bisa membantu melawan penyakit.

Pastikan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Mulai ganti camilan tinggi garam dengan beberapa porsi buah atau sayur supaya imun tubuh tetap terjaga.

4. Penuhi asupan vitamin C harian

Nah, yang terpenting adalah kebutuhan vitamin C selalu terpenuhi supaya tubuh tetap sehat untuk bantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30 persen. Jika kadar antioksidan sudah tercukupi, tubuh akan mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengkonsumsi vitamin C yaitu bisa menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Salah satunya, penyakit jantung.

Sumber vitamin C alami bisa didapatkan dari berbagai sayur dan buah mulai dari jeruk, lemon, jambu, stroberi, tomat, hingga paprika. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin C harian bisa dibantu dengan suplemen untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan bebas beraktivitas dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *