Example 728x250
Tanaman Obat Alami

Kemenkes Ungkap 15 Manfaat Kunyit, Mulai Dari Menstabilkan Gula Darah Hingga Mengobati Perut Kembung

226
×

Kemenkes Ungkap 15 Manfaat Kunyit, Mulai Dari Menstabilkan Gula Darah Hingga Mengobati Perut Kembung

Sebarkan artikel ini


Golansia.com — Biasanya kunyit digunakan untuk bumbu masakan dan  meningkatkan cita rasa makanan. Namun, ternyata selain untuk bumbu, kunyit juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? 

Karena kunyit mengandung curcumin, sesmethoxycumin, bisdesmethoxycumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium dan minyak atsiri.

Mengutip website Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta, kunyit memiliki 15 manfaat berikut:

 

1. Penawar Racun

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Karena kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah, menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

 

2. Mengobati Maag

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

 

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Ini artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

 

4. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

 

5. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

 

6. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

 

7. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

 

8. Mengobati Metastasis Kanker

Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini Anda bisa gunakan kunyit putih. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara.

 

9. Obat Alergi

Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

10. Menangkal Bakteri Jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

 

11. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika Anda penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

 

12. Meredakan Peradangan Usus

Peradangan usus atau bisa juga disebut dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika peradangan usus didiamkan akan mebuat kontraksi usus yang mengakibatkan diare kronis.

 

13. Melawan Infeksi

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

 

14. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu memperkuat imun dan mengetasi infeksi, mengonsumsi air kunyit juga bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Jadi, cocok untuk diet.

 

15. Merawat Hati

Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *