Example 728x250
Darah Tinggi

Cara Menjaga Tekanan Darah Pada Lansia

35
×

Cara Menjaga Tekanan Darah Pada Lansia

Sebarkan artikel ini
Menjaga Tekanan Darah Pada Lansia
Menjaga Tekanan Darah Pada Lansia


Golansia.com – Tekanan darah pada orang dewasa sehat umumnya berkisar 90/60 mmHg-120/80 mmHg. Tekanan darah juga bisa berubah tergantung aktivitas yang Anda lakukan. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi tekanan darah antara lain olahraga, perubahan gerakan, perubahan mood, atau bahkan percakapan.

Selain aktivitas yang dilakukan, tekanan darah juga bisa berubah tergantung waktu, baik pagi, siang, atau malam hari. Oleh karena itu, jika Anda ingin memeriksa tekanan darah untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan, sebaiknya dilakukan pada pagi hari dibandingkan pada malam hari. Alasannya adalah tekanan darah setiap orang mencapai puncaknya pada sore hari dan turun lagi pada malam hari. Pola naik turunnya tekanan darah seseorang juga bergantung pada jam biologis masing-masing orang.

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal pada Lansia

Orang lanjut usia rentan terkena tekanan darah tinggi atau darah tinggi. Hal ini biasa terjadi karena berkaitan dengan proses penuaan pada tubuh. Seiring bertambahnya usia, tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, seiring bertambahnya usia, diperlukan metode atau tindakan pencegahan untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

Penuaan merupakan proses alami yang pasti dialami oleh setiap orang yang berumur panjang. Semakin tua usia Anda, semakin besar risiko Anda terkena tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Dalam hal ini pengobatannya lebih sulit, karena pada orang lanjut usia, penyakit ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk menjaga tekanan darah tetap stabil pada lansia:

Kelola Stres dengan Baik

Jika kamu stres, tekanan darah akan mengalami kenaikan. Jika hal ini tidak segera kamu tangani, stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Terdapat beberapa cara yang dapat membantu untuk meredakan stres dengan efektif. Contohnya meditasi, yoga, atau mendengarkan musik.

Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Orang yang memiliki kelebihan berat badan mempunyai peluang lebih besar untuk mengidap tekanan darah tinggi. Untuk itu, menjaga berat badan ideal sangat diperlukan guna menurunkan risiko mengidap penyakit lain yang disebabkan oleh faktor usia.

Olahraga Teratur

Olahraga penting dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh. Olahraga juga dapat dilakukan guna mengendalikan berat badan dan membantu mengontrol tekanan darah. Untuk menjaga badan agar tetap bugar, lakukan olahraga setidaknya selama 30 menit setiap harinya, lima kali dalam seminggu.

Kontrol Asupan Garam Tubuh

Ketika bertambahnya usia, sebaiknya kamu harus mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk garam. Garam secara tidak langsung dapat meningkatkan volume darah dalam aliran darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Konsumsi garam yang baik hanya sekitar 500 mg garam per hari.

Untuk seseorang yang telah berusia di atas 40 tahun, ada baiknya juga untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin guna mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Selain itu, jika lansia mengidap hipertensi, maka ada baiknya mereka untuk rutin mengonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi yang diresepkan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *