Example 728x250
BerandaDaftar Penyakit

Kabar Gembira Bagi Pencinta Kopi, Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes dan Kanker Prostat

144
×

Kabar Gembira Bagi Pencinta Kopi, Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Diabetes dan Kanker Prostat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi kopi (istimewa)


banner 678x960

Golansia.com — Minuman yang menjadi favorit sepanjang jaman, yaitu kopi. Ternyata tidak hanya nikmat tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko kematian dini akibat diabetes tipe 2 dan berbagai jenis kanker.

Dilansir dari laman The Independent, minum 1 hingga 4 cangkir kopi per hari dapat memberikan beberapa manfaat berikut:

 

Turunkan risiko diabetes tipe 2

Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum tiga cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko relatif lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang minum kopi, menurut hasil 28 penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta peserta dewasa.

Faktanya, mereka yang minum enam minuman atau lebih sehari memiliki risiko 33% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Bahan aktif dalam kopi membantu mengurangi stres oksidatif, ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Kopi mengandung asam klorogenat, yang meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Pada saat yang sama, asam caffeic dalam kopi dapat menggunakan gula darah untuk meningkatkan kinerja otot dan memiliki sifat imunostimulan dan anti-inflamasi.

 

Turunkan risiko terkena kanker prostat

Menurut hasil 13 penelitian yang melibatkan lebih dari 530.000 peserta, peminum kopi memiliki risiko relatif 10% lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit kopi. Selain itu, untuk setiap tambahan dua cangkir kopi yang dikonsumsi per hari, risiko kanker prostat menurun sebesar 2,5 persen.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *