Tips Terapi Penyakit Osteoporosis Pada Lansia

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan karena metabolisme kalsium pada tubuh.

0
166
osteoporosis

Lansia merupakan masa-masa dimana penyakit seringkali menghampiri tubuh anda yang sedang rentan terkena penyakit. Maklum saja, ada sebagian penyakit yang memang menyerang akibat faktor bertambahnya usia. Salah satu penyakit yang seringkali dikeluhkan oleh para lansia adalah penyakit yang menyerang tulang mereka. Anda juga pasti pernah merasakan ada sesuatu yang menyerang tulang anda saat sudah memasuki masa lansia, sehingga beraktivitas sehari-hari pun kadang sulit akibat tulang yang terkena penyakit. Penyakit tulang yang kerap dijumpai adalah osteoporosis atau terjadinya pengeroposan pada tulang.

penyakit osteoporosis

Apa itu pengeroposan pada tulang atau sering disebut osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan karena metabolisme kalsium pada tubuh anda menurun seiring bertambahnya usia. Osteoporosis ditandai dengan berkurangnya massa tulang serta kelainan mikroarsitektur yang mengakibatkan kerapuhan tulang semakin tinggi. Osteoporosis memang salah satu penyakit yang seringkali menyerang pada masa lansia. Anda yang sudah memasuki lansia tentu pernah mengalami gejala-gejala dan dampak dari penyakit tersebut.

Apabila anda sudah terkena osteoporosis, ada baiknya anda menghubungi dokter untuk tindak lebih lanjutnya. Biasanya dokter akan memberikan anda obat-obatan yang dapat meningkatkan pembentukan tulang pada tubuh anda. Hal tersebut bertujuan untuk merangsang tulang untuk membentuk sel-selnya yang baru agar meminimalisir terjadinya pengeroposan. Jenis obat yang digunakan biasanya adalah Na-fluorida, selain itu ada juga steroid anabolik yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembentukan tulang.

Anda juga dapat mengkonsumsi obat lain selain obat yang dapat meningkatkan pembentukan tulang. Anda dapat mengkonsumsi obat yang bisa digunakan untuk menghambat resobsi tulang, karena obat tersebut juga tak kalah penting dengan obat yang telah disebutkan di atas. Resobsi sendiri adalah proses pemecahan tulang, jadi ketika tulang anda sudah mulai keropos, ada proses pemecahan yang dilakukan oleh tulang. Hal tersebut berdampak sangat buruk bagi anda, karena anda hanya dapat terbaring di atas kasur disebabkan anda tidak memiliki penyangga lagi di dalam tubuh anda. Berhati-hati lah terhadap penyakit tulang yang satu ini.

Tips Terapi Osteoporosis

Oleh karena itu, mengetahui beberapa terapi untuk osteoporosis merupakan salah satu cara agar anda dapat meminimalisir terjadinya proses pengeroposan pada tulang anda. Terapi medik osteoporosis merupakan salah satu terapi yang cukup ampuh untuk anda lakukan. Terapi medik dapat dilakukan dengan diri sendiri di rumah. Berikut beberapa tips melakukan terapi untuk menyembuhkan osteoporosis :

  1. Melakukan latihan pada otot merupakan salah satu terapi yang cukup ampuh untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya osteoporosis. Dengan melakukan latihan pada otot, otot-otot akan semakin kuat sehingga hal tersebut sangat baik bagi tubuh anda. Biasanya latihan yang dilakukan adalah isotonic. Dengan melakukan latihan tersebut, anda dapat memaksimalkan kemampuan otot. Anda dapat melakukan latihan pada otot setiap 3 kali seminggu agar dapat memaksimalkan otot. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga minimal selama 8 minggu.
  2. Melindungi sendi dengan cara tidak mengangkat beban yang terlalu berat. Terlebih apabila anda sudah divonis terkena osteoporosis. Sebaiknya anda meminimalisir kegiatan-kegiatan yang dapat menguras fisik anda. Sempatkanlah istirahat yang cukup banyak di sela-sela aktivitas sehari-hari anda.
  3. Merencakan setiap kegiatan yang ingin anda lakukan, jangan sampai anda melakukan kegiatan secara tiba-tiba sehingga membuat otot anda akan kaget. Duduklah sejenak, menenangkan badan lalu pikirkan apa yang ingin anda lakukan. Misalnya, setelah duduk anda akan pergi ke kamar mandi, lalu mengangkat sampah ke luar. Dengan begitu, tulang anda akan terlihat rileks.
  4. Kurangi hal-hal yang mengangkat barang. Apabila anda ingin mengangkat barang dan barang tersebut dapat digeser, ada baiknya memindahkannya dengan cara digeser saja. Namun apabila tidak bisa, maka anda dapat menyuruh pembantu anda atau anak anda untuk mengangkat barang tersebut. Itu lebih baik daripada harus anda yang mengangkat dan yang terjadi nanti malah osteoporosis anda semakin tambah parah.

Hal-hal di atas dapat anda lakukan untuk terapi osteoporosis. Meminimalisir tentu lebih baik daripada nanti kedepannya akan semakin tambah parah. Namun selain terapi medik, anda juga dapat melakukan terapi farmakologis. Terapi tersebut menggunakan obat-obatan yang mampu mengembalikan kepadatan tulang dalam bentuk vitamin D, kalsitonin, SERM, hormon paratiroid, sulih hormone, kalsium, dan peningkatan kadar bifosfonat. Mengkonsumi obat-obatan tersebut dapat membantu anda untuk bangkit dari osteoporosis anda.

Namun, yang terpenting adalah sering-sering melakukan latihan fisik. Selain menghindari osteoporosis, anda juga dapat menjaga kebugaran daya tahan tubuh dengan melakukan latihan fisik. Jadwalkan latihan fisik tersebut selama seminggu berapa kali, dan lakukan secara rutin. Selama latihan fisik, anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan alami agar dapat meningkatkan kualitas fisik. Salah satu jenis yang dapat anda gunakan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun menurut para ahli dapat berperan baik dalam menebalkan tulang. Jadi, tidak ada salahnya anda mencobanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here