Tips Sehat Menyembuhkan Batuk Dengan Cepat dan Aman

Batuk berdahak dan kering yang tak kunjung sembuh

0
117
nenek batuk

Penyakit batuk bisa dialami oleh siapapun mulai dari bayi hingga usia senja. Jenis masalah kesehatan ini merupakan bentuk reaksi yang wajar jika terjadi iritasi pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Batuk jarang menandakan penyakit yang serius dan umumnya bisa sembuh dalam hitungan minggu. Penangannya pun cukup mudah dengan konsumsi obat batuk atau bisa juga menggunakan obat herbal alami/ pengobatan batuk alami seperti madu dan perasan jeruk nipis.

Jenis Penyakit Batuk

Jenis batuk pada dibagi menjadi dua yaitu berdahak dan kering. Selain gejalanya, penanganannya pun juga tidak sama. Jika Anda membeli obat di apotek, maka produk yang dipilih harus spesifik sesuai dengan jenis batuk yang diderita supaya penyakit tersebut bisa segera disembuhkan.

Batuk Berdahak

Batuk berdahak sering disebut juga dengan batuk produktif karena disertai dengan meningkatnya produksi lendir pada tenggorokan Jenis batuk ini bisa sembuh jika dahak sudah dikeluarkan semua. Sementara untuk batuk kering ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada tenggorokan. Batuk kering disebabkan karena adanya paparan dari iritan seperti debu, asap kendaraan, dan lain sebagainya.

Batuk Alergi

Selain kedua jenis tersebut, ada juga batuk alergi yang biasanya bersifat kering dan batuk yang menyertai flu yang bisa bersifat kering atau dahak. Penyakit yang tergolong ringan ini gampang menyerang saat imunitas tubuh menurun. Meski mudah disembuhkan, namun gejalanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar dapat segera sembuh, sebaiknya konsumsi obat batuk sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Penyebab Sakit Batuk

Serangan virus menjadi penyebab utama munculnya penyakit batuk ini. Meski begitu masih ada beberapa faktor lain yang bisa memicu batuk, diantaranya adalah:

  1. Terkena paparan asap, debu, dan jenis iritan lainnya
  2. Merokok
  3. Menetesnya cairan dari hidung ke tenggorokan
  4. Memiliki riwayat alergi
  5. Penyakit jangka panjang yang kambuh misalnya bronkitis kronis, asma, dan sebagainya

Batuk yang sering dialami biasanya muncul karena ada iritan yang masuk kedalam tenggorokan melalui hidung atau mulut. Proses tersebut menyebabkan iritasi dan akhirnya dihasilkanlah reaksi berupa batuk. Namun ada beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan batuk contohnya infeksi pada paru-paru. Jika tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena bisa jadi batuk tersebut merupakan gejala munculnya penyakit lain yang berbahaya.

Pengobatan Penyakit Batuk

Penyembuhan penyakit ini tidak membutuhkan penanganan yang serius, cukup konsumsi obat untuk meredakannya. Proses pengobatan ada yang berjalan singkat tergantung pada daya tahan tubuh penderita. Bahkan ada juga yang sembuh dengan sendirinya tanpa perlu meminum obat. Untuk mendapatkan dosis yang tepat, sebaiknya konsultasi dengan dokter.
Obat-obatan tersebut berfungsi untuk meredakan tenggorokan dan menghilangkan dahak.

Batuk ringan bisa disembuhkan dengan mudah, namun jika tidak kunjung berhenti selama beberapa bulan, itu menandakan terjadi infeksi yang serius. Penanganan yang tepat adalah dengan memeriksakan ke dokter. Lantas jenis batuk seperti apa yang membutuhkan penanganan dari dokter?. Jika Anda mengalami gejala dibawah ini sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih rinci agar bisa ditangani dengan benar.

  1. Batuk mengeluarkan darah
  2. Batuk disertai dengan rasa sesak di dada dan kesulitan bernafas
  3. Muncul benjolan kecil pada leher
  4. Batuk bertambah parah disertai demam
  5. Batuk yang disebabkan virus yang sudah lebih dari tiga minggu

Perawatan intensif perlu dilakukan jika ternyata penderita mengalami penyakit serius seperti bronkitis dan asma. Penanganan membutuhkan jenis obat tertentu sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. Jadi jangan sepelekan batuk yang tidak sembuh-sembuh karena bisa menjadi tanda gejala penyakit yang berbahaya.

Tips Menyembuhkan Penyakit Batuk dengan Cepat

Faktanya tidak semua obat batuk yang dijual dipasaran cocok dengan kondisi Anda. Beberapa malah memberikan efek samping yang tidak menyenangkan bagi tubuh. Jika ingin menggunakan cara aman tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia, ada tips sehat yang bisa Anda praktikkan. Dijamin dalam jangka waktu yang singkat, batuk bisa segera diredakan sehingga tubuh kembali fit seperti sedia kala.

Minum ramuan herbal

Ada banyak obat alami yang bisa Anda buat sendiri dari bahan yang mudah ditemukan. Beberapa diantaranya seperti air jeruk nipis, madu, jahe, kencur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain rasanya enak, obat tersebut juga sangat ampuh meredakan batuk dengan cepat dan tanpa efek samping sama sekali.

Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih, bisa mengencerkan dahak serta melembabkan tenggorokan supaya tidak kering. Jadi apapun jenis batuknya bisa cepat reda dengan sering mengkonsumsi air.

Menghisap permen pereda tenggorokan

Bukan rahasia umum lagi jika jenis permen ini juga dapat meredakan batuk dengan cepat. Selain rasanya yang enak, khasiatnya juga langsung terasa yaitu menghilangkan dahak dan rasa gatal pada tenggorokan.

Batuk menjadi salah satu penyakit yang sudah awam dan bisa terjadi pada siapa saja. Selama imunitas tubuh terjaga, maka virus dan iritan penyebab batuk tidak bisa menyerang tubuh Anda. Selain dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat, Anda juga bisa memakai tips sehat untuk meredakan masalah kesehatan ini, diantaranya dengan berendam di air hangat dan konsumsi ramuan alami yang sudah nyata khasiatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here