Tips Pilek Cepat Sembuh bagi Lansia

0
131
air hangat untuk flu

Keadaan fisik yang cenderung lemah menyebabkan pengobatan pilek bagi lansia berbeda. Baik pilek biasa maupun yang memiliki gejala serius. Pilek pada lansia bisa dipicu oleh banyak hal. Kadang hanya karena menghirup debu, sudah jadi pilek. Untuk itu, terapkan beberapa tips di bawah ini agar pilek yang Anda alami cepat sembuh.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengobati

Menurut Prof. DR dr. Rianto Setiabudy, seorang guru besar farmakologi di UI, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama, hindari penggunaan dosis obat yang tinggi. Soalnya bisa berdampak terhadap kesehatan ginjal. Kedua, pilih obat yang betul-betul mujarab, sebab tubuh lansia mudah sekali menerima berbagai jenis obat.

sakit flu

Ketiga, minta seseorang untuk selalu mengingatkan agar pengobatan bisa dilakukan secara rutin. Keempat, semakin sering obat digunakan, umumnya semakin sensitif tubuh Anda. Kelima, gunakan metode pengobatan herbal karena tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, efeknya bisa bertahan hingga waktu lama.

Di area perkotaan, cukup mudah untuk menemukan obat pilek untuk lansia. Namun apakah semuanya baik saat dikonsumsi dan dicerna ke dalam tubuh? Untuk memastikan baik-buruknya dampak yang dihasilkan oleh obat kimia, sebaiknya kunjungi dokter. Namun apabila menggunakan pengobatan herbal, Anda lakukan sendiri saja di rumah secara rutin.

Bagaimana Jika Baru Terkena Pilek?

Pada dasarnya, pilek yang dialami oleh anak-anak hingga lansia sama-sama disebabkan oleh virus. Tentu virus ini tidak bisa dihancurkan, melainkan hanya bisa dibekukan. Apabila baru terkena pilek, cukup minum air putih hangat selama belum muncul gejala serius yang dikabarkan oleh dokter. Pastikan untuk beristirahat secukupnya. Minimal 6-8 jam per hari.

Apabila ingin menggunakan vaksin untuk pilek, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Namun alangkah baiknya terapkan pola hidup sehat. Mulai dari sering-sering mengonsumsi buah dan sayuran sampai minum paracetamol apabila Anda mengalami demam maupun sakit kepala.

Minum Campuran Telur Ayam Kampung dan Jeruk Nipis

Sudah sejak lama telur kampung memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya untuk meredakan serta menyembuhkan pilek untuk lansia. Caranya pilih telur ayam kampung yang masih baru. Jadi, tanyakan dulu di warung terdekat. Apakah baru didatangkan dari peternak ayam kampung atau sudah lama.

Ambil secukupnya saja untuk diminum pada waktu pagi dan malam. Sebelum diminum, lubangi sedikit permukaan telurnya. Tiriskan putih telurnya yang berwarna bening dan sisakan bagian kuning telur di dalamnya. Biar tidak amis, tenggak dalam waktu singkat. Setelah itu, minum jeruk nipis yang lebih dulu dijadikan jus untuk mengatasi racun di tubuh.

Minum Ramuan Daun Sambiloto

Mungkin Anda sudah sering menemukan ramuan daun sambiloto ini di tukang jamu gendong. Manfaatnya bukan hanya untuk menyegarkan tubuh, tetapi juga bisa menyembuhkan penyakit pilek. Caranya cukup direbus ke dalam air panas. Setelah dingin, minum airnya. Namanya juga obat, ya.

Meskipun pahit, tetap harus Anda habiskan.
Untuk mengurangi rasa pahitnya, bisa gunakan madu setelah meminum rebusan daun sambiloto. Selain manis dan enak, fungsi madu juga bisa meningkatkan proses penyembuhan pilek yang Anda alami. Minum setidaknya 2 kali sehari pada waktu pagi setelah bangun tidur dan menjelang tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here