Tips Merawat Orang Tua Difabel

0
451
lansia difabel

Merawat orang tua dengan kebutuhan khusus atau difabel memang gampang-gampang susah. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara merawat dan menjaga orang tua dengan disabilitas, tentunya lebih baik bila terlebih dulu mengetahui apa itu difabel dan keadaan yang seperti apa bisa dikatakan sebagai difabelitas ini. Difabilitas merupakan kondisi di mana terjadi keterbatasan pada fisik, mental, kognitif, sensorik hingga perkembangan seseorang.

Difabilitas dapat dialami oleh semua orang dari semua golongan usia. Tak ada batasan mengenai usia berapa yang mungkin mengalami kondisi ini. Untuk itu, difabel pun kerap kali dialami oleh lanjut usia. Untuk itu bagi care giver atau anak dari orang tua ini harus mengetahui bagaimana cara mengatasi keadaan difabel pada lanjut usia tersebut.

Difabel pada lanjut usia atau orang tua bisa diakibatkan oleh banyak hal. Mulai dari karena gangguan kesehatan yang melanda mereka, masalah pada kesehatan metal dan kognitif, serta banyak lain. Keadaan ini pun bisa menyebabkan banyak hal berbeda. Untuk itu pada keadaan difabel ini harus ada cara penanganan tersendiri yang dilakukan oleh anak atau pun care giver dari orang tua penderita difabel ini.

Untuk itu di bawah ini, kami memberikan beberapa tips dalam penanganan dan juga menjaga orang tua difabel. Tips di bawah ini akan membantu Anda dalam memberikan penjagaan serta merawat orang tua dengan kebutuhan khusus ini.

Tips Menjaga Orang Tua/ Lansia Difabel

manula difabel

Memberikan aktifitas

Orang tua dengan kebutuhan khusus memang seringnya memiliki aktifitas terbatas. Baik itu mereka mengalami kebutuhan khusus secara mental atau pun fisik, seringnya tak banyak kegiatan yang mereka lakukan. Namun hal ini seringnya justru akan menjadi masalah lain. Misalnya rasa jenuh dan bosan yang nantinya bisa menjadi masalah pada kesehatan mental orang tua.

Untuk itu, pastikan tetap memberikan kegiatan dan juga aktifitas pada orang tua difabel ini. Tentunya sesuai dengan kemampuan fisik dan mental mereka. Cara paling mudah tentu saja memberikan rutinitas sehari-hari seperti menggosok gigi sendiri setiap pagi, hingga mengambil minum. Bahkan bila mungkin biarkan orang tua melakukan aktifitas ringan seperti menyiram bunga atau pun bersenda gurau dengan cucu.

Menyalurkan emosi dengan cara tepat

Emosi merupakan satu hal lain yang nyaris tak pernah diperhatikan oleh anak ketika merawat orang tua dengan difabilitas. Padahal emosi merupakan satu hal yang juga sama pentingnya untuk menjadi perhatian. Emosi dari orang tua yang disalurkan dengan tepat akan menjadi sebuah masalah tersendiri. Misalnya menjadi lebih mudah marah, murung, emosi yang tak terkendali, hingga permasalahan lainnya.

Demi mengatasi ini memang sebaiknya pastikan anak membantu orang tua untuk menyalurkan emosi mereka dengan tepat. Cara penyaluran emosi dengan tepat ini misalnya mengajak diskusi sehat ketika ada masalah hingga membiarkan orang tua untuk menuliskan buku harian atau pun membuat rekaman video untuk meluangkan perasaan dan emosi mereka.

Memperhatikan pola makan

Pola hingga menu makan merupakan hal yang juga sama pentingnya pada orang tua difabel. Pastikan untuk menjaga menu serta pola makan orang tua untuk tetap sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu juga pastikan untuk tetap menjaga menu yang memenuhi nutrisi serta kebutuhan vitamin dari orang tua.

Selain itu, satu hal lain yang juga sangat wajib diperhatikan adalah mengganti menu selama beberapa hari sekali. Menu yang terus menerus sama selama beberapa waktu akan memebrikan rasa bosa pada orang tua. Ini seringnya menyebabkan orang tua kehilangan nafsu dan enggan makan.

Memberikan jadwal teratur

Kehidupan yang kadang kala tidak teratur dapat memperparah keadaan kesehatan dari orang tua difabel. Lebih baik pastikan memberikan jadwal kegiatan yang teratur untuk orang tua. Di mulai dari ketika mereka bangun di pagi hari hingga ketika tidur. Jadwal yang teratur ini termasuk juga dengan waktu orang tua untuk makan, mengonsumsi obat, vitamin, hingga tidur siang. Selain itu juga semua kegiatan lain seperti mandi hingga cemilan.

Jangan lupa juga untuk memastikan memasukan kegiatan lain untuk orang tua pada jadwal kegiatan mereka. Hal ini tentunya untuk memastikan orang tua tak merasakan kebosanan meskipun dengan jadwal yang teratur.

Memastikan istirahat cukup

Tips terakhir untuk merawat orang tua difabel dengan memastikan mereka mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat cukup ini tak hanya demi memastikan kesehatan dari orang tua tak terganggu. Namun juga agar kesehatan mental mereka tak mengalami masalah. Untuk itu pastikan orang tua tidur paling tidak 8 jam setiap hari dan juga mendapatkan istirahat yang cukup ketika siang.

Dengan tips di atas, semoga merawat orang tua dengan kebutuhan khusus atau difabel tak lagi terlalu sulit ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here