Tips Menyembuhkan Sakit Kepala Pada Lansia

0
38
sakit kepala

Manusia pasti akan mengalami masa pertumbuhan, baik dari segi tubuh maupun usia. Tak bisa dipungkiri bahwa seiring bertambahnya usia pada manusia maka tak jarang penyakit-penyakit kerapkali mendatangi tubuh kamu yang sudah lanjut usia atau lansia. Tak jarang para lansia sering dilanda penyakit-penyakit, salah satunya adalah penyakit kepala. Masa tua tentu biasanya akan sering mengalami yang namanya sakit kepala, baik hanya nyeri saja atau sakit kepala sebelah.
Sakit kepala yang menyerang orang lanjut usia biasanya lebih sering disebabkan oleh penyebab sekunder. Biasanya orang lanjut usia sering terkena sakit kepala karena beberapa faktor kemungkinan sebagai berikut :

  • Tension type headache atau sakit kepala karena tegang pada otot
  • Migrain atau sakit kepala sebelah
  • TIA (Transient Ischemic Attack) atau serangan kekurangan suplai darah sementara ke otak.
  • Stroke
  • Cidera kepala
  • Infeksi pada otak dan selaput otak
  • Temporal giant arteritis atau peradangan pada pembuluh darah arteri
  • Neuralgia Trigerminal
  • Neuralgia post infeksi herpes

Efek samping obat seperti terapi hormonal untuk menopause, nitrat, dan lain-lain
Beberapa hal di atas merupakan faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya penyebab sakit kepada yang terjadi kepada orang lanjut usia.

Apabila kamu seorang lansia dan sering mengalami sakit kepala, maka sebaiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini agar dapat mengurangi gejala sakit kepala :

Memakan makanan yang mempunya gizi yang sehat

Masa lansia tentu membutuhkan sekali yang namanya asupan gizi yang sehat demi menjaga stamina dan daya tahan tubuh dengan baik. Memilih-milih makanan yang mempunyai gizi yang sehat dan cocok bagi lansia memang tidak mudah, namun hal tersebut dapat mengurangi gejala sakit kepala maupun menghindari dari penyakit-penyakit lainnya. Karena kita tahu bahwa lansia rentan sekali terkena penyakit, salah satunya adalah penyakit kepala. Makan makanan sembarangan saja bisa menyebabkan kondisi tubuh tidak baik.

Minum Secukupnya

Memperbanyak air putih tentu sangat bagus bagi kondisi tubuh, namun jangan kebanyakan, secukupnya saja. Karena dengan meminum air putih secukupnya maka hal tersebut dapat mengurangi gejala sakit kepala pada lansia. Air putih tentu memiliki kadar kesehatan yang baik bagi para lansia yang sering mengalami sakit kepala.

Mengurangi Stress

stress

Hal yang terpenting adalah jangan terlalu banyak pikiran bagi para lansia. Karena lansia sudah rentan sekali terkena penyakit, ditambah dengan banyaknya pikiran yang ditampungnya. Hal tersebut tentu akan semakin menambah sakit kepala pada lansia. Kebanyakan pikiran dapat membuat kepala kamu pusing hingga akhir terkena sakit kepala. Kurangi pikiran yang berlebih dan hindari hal-hal yang menguras pikiran kamu. Karena saat lansia cukup menikmati hidup dengan tenang dan damai.

Meminum Obat

Minum obat pengurang rasa sakit kepala juga salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk mengurangi sakit tersebut. Salah satu obat pengurang rasa sakit kepala adalah Paracetamol. Kamu dapat meminum obat itu apabila sakit kepala yang kamu rasakan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Belilah obat tersebut di apotek terdekat.

Menggunakan Pengobatan Secara Alami dan Tradisional

Memakai pengobatan secara alami tanpa obat-obatan juga menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi rasa sakit kepala pada lansia. Pengobatan tersebut seperti dengan mengkonsumi kentang dan pisang. Di dalam kentang mengandung sumber kalium yang penting bagi tubuh kita. Karena biasanya sakit kepala disebabkan karena kurangnya kalium dalam tubuh kita. Kamu dapat mengkonsumi kentang rebus. Cukup rebus kentangnya dan nikmati kentang tersebut. Sedangkan pada pisang, pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi sehingga hal tersebut dapat mengurangi sakit kepala yang berkepanjangan.

Cara-cara di atas dapat kamu lakukan untuk mengurangi sakit kepala pada lansia. Namun apabila kamu mengalami hal-hal di bawah ini, segerea hubungi dokter agar diberi pemeriksaan lebih lanjut :

  • Sakit kepala berlangsung terus menerus
  • Sakit kepala sangat hebat, tidak berkurang dengan pengobatan
  • Terdapat kelemahan atau kesemutan atau mati rasa pada sebelah badan
  • Sakit kepala disertai demam
  • Terdapat penurunan kesadaran
  • Terdapat penurunan emosi dan fungsi kognitif yang tiba-tiba
  • Gangguan neurologis lain seperti gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, yang terjadi tiba-tiba
  • Riwayat jatuh

Dengan menghubungi keluhan-keluhan tersebut kepada dokter, dokter akan menanyakan lebih lanjut mengenai gejala lain yang menyertai sakit kepala, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan darah.

Oleh karena itu, sakit kepala pada lansia tidak bisa diremehkan begitu saja. Langkah terbaik adalah menghindarinya dengan melakukan pencegahan-pencegahan yang tertera di atas. Lansia memang rentan terkena penyakit, ada baiknya lansia sering memperhatikan kondisi badan.

Rajin berolahrga bisa membantu untuk meningkatkan kondisi fisik lansia. Lansia dapat melakukan olahraga ringan secara rutin. Aktivitas ini akan sangat membantu untuk memperkuat fisik dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak gampang sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here