Tips Menurunkan Kolesterol Bagi Lansia

0
237
kolesterol

Jantung dan stroke menjadi penyakit yang cukup mematikan saat ini. Penyebanya sangat beragam, salah satunya disebabkan oleh meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, kolesterol dalam tubuh menjadi meningkat. Karena itulah penyakit yang berbahaya sering menyerang lansia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, salah satunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga.

Lantas apa yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh?. Penyakit kolesterol bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia. Selain faktor usia, masalah kesehatan tersebut juga dapat ditimbulkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak. Akibatnya timbunan lemak tersebut akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan asupan makanan tidak berjalan lancar. Jika kadar kolesterol tidak segera diturunkan, bisa memicu resiko gagal jantung hingga stroke.

Lansia yang sudah berusia diatas 60 tahun, harus pintar menjaga pola makannya agar kolesterol tetap terjaga. Namun jika kolesterol naik, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Kebiasaan hidup yang sehat tidak hanya berdampak baik bagi bentuk badan, melainkan juga dapat menghindari terkena penyakit yang berbahaya dan mematikan. Periksa ke dokter secara rutin menjadi solusi terbaik agar ketika kolesterol naik bisa memperoleh pengobatan yang tepat. Untuk menurunkan kolesterol, tidak harus menggunakan obat, ada banyak cara yang mudah dilakukan seperti yang akan dibahas dibawah ini.

6 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Jika kondisi kolesterol naik, sebaiknya tidak perlu panik agar bisa melakukan penanganan dengan tepat. Penyakit kolesterol yang masih stadium awal hanya memberikan dampak kecil bagi tubuh dan bisa diturunkan dengan mudah. Namun jika tidak segera dilakukan penanganan, kadarnya bisa semakin meningkat dan memicu risiko gagal jantung. Lansia yang kondisi tubuhnya kurang fit karena kurang berolahraga, mudah terkena penyakit kolesterol. Jika ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 6 tips dibawah ini sudah terbukti memberikan hasil yang nyata dan tidak memberikan efek samping sama sekali.

1. Konsumsi brokoli

Konsumsi sayuran hijau setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu jenis sayuran yang memiiliki banyak manfaat adalah brokoli. Sayuran hijau tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi setiap hari. Pengolahannya cukup direbus saja dan hindari penggunaan minyak. Selain rasanya yang nikmat, brokoli juga bisa membantu lansia menurunkan kolesterol dan mencegah risiko gagal jantung dan stroke.

2. Kulit manggis

Salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dengan cepat adalah ekstrak buah manggis. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, kulitnya pun memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya. Lansia yang menderita penyakit kolesterol dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak buah manggis dan harus sesuai dengan resep dokter. Atau bisa dengan mengolahnya sendiri dengan menumbuk halus kulit manggis tersebut lalu diseduh dengan segelas air hangat. Khasiatnya akan terasa jika dikonsumsi secara rutin.

kulit manggis

3. Jambu merah

Buah jambu merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah tersebut juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Pengolahannya dengan cara dijus. Untuk menjaga kondisi tubuh agar kolesterol tidak naik, konsumsi jus jambu merah secara teratur setiap hari.

4. Anggur

Konsumsi buah-buahan secara rutin bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu, ada beberapa jenis buah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol salah satunya adalah anggur. Kandungan Flavanoid yang ada didalamnya berperan sebagai antioksidan yang mampu menetralkan kolesterol dalam tubuh. Pengolahannya dengan cara dibuat jus dan minum setiap hari agar terhindari dari risiko penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

5. Jeruk nipis

Perasan jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Lansia yang menderita penyakit kolesterol bisa mengkonsumsi perasan air jeruk nipis setiap dua kali sehari. Caranya dengan mencampurkan perasan tadi kedalam segelas air hangat. Agar rasanya lebih nikmat, bisa tambahkan madu secukupnya.

6. Olahraga

Menjaga kondisi badan agar tetap fit dan terhindari dari serangan berbagai penyakit salah satunya bisa dilakukan dengan olaharaga teratur. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat, para lansia cukup melakukan olahraga yang ringan dan menyenangkan seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain-lain. Lakukan secara teratur supaya kadar kolesterol dalam tubuh bisa berkurang.

Check up secara rutin menjadi kegiatan yang harus dilakukan oleh lansia setiap bulannya. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatannya yang sebenarnya. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol melebihi batas, bisa segera dilakukan penanganan. Apabila, tidak terlalu berbahaya, bisa diatasi dengan menggunakan keenam cara yang disebutkan diatas. Namun jika sudah terbentuk sumbatan pada pembuluh darah, solusi yang dilakukan adalah konsumsi obat sesuai dengan resep dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here