Tips Menjaga Kondisi Tubuh Lansia dengan Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks adalah gabungan 8 vitamin yang gampang larut dalam air dan tidak mudah diserap oleh tubuh dalam bentuk lemak.

0
482

Vitamin B Kompleks menjadi salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Fungsinya sangat vital terlebih untuk menghasilkan energi. Bagi lansia, asupan vitamin ini tidak boleh berkurang agar badan tidak gampang lemas. Sumber dari nutrisi ini sangat mudah didapatkan yaitu dari olahan daging, ikan, dan telur. Begitu banyaknya manfaat vitamin B Kompleks untuk kesehatan. Lantas apa itu Vitamin B Kompleks? Dan mengapa asupannya harus dijaga terus?

Vitamin B Kompleks adalah gabungan 8 vitamin yang gampang larut dalam air dan tidak mudah diserap oleh tubuh dalam bentuk lemak. Kedelapan nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, Asam Folat, dan B12. Selain bisa diperoleh dari sumbernya secara langsung, saat ini juga banyak suplemen B Kompleks yang siap konsumsi. Namun untuk Anda yang berusia lanjut, sebaiknya hindari penggunaan suplemen tersebut. Jika tidak cocok, malah bisa menjadi racun yang dapat merusak ginjal. Konsultasikan dulu dengan dokter bila ingin mengkonsumsi obat tersebut.

Sumber Utama Vitamin B Kompleks

Salah satu manfaat vitamin B kompleks adalah mencegah penuaan dini dengan memperlancar proses metabolisme. Sementara bagi Anda yang sudah berusia lanjut, nutrisi ini sangat baik untuk pencegahan katarak, depresi, serta demensia. Sumber vitamin B Kompleks sangat mudah ditemukan dalam beberapa olahan termasuk buah dan sayuran. Namun karena sifat vitamin ini yang halus dan mudah larut dalam air, jadi Anda harus berhati-hati saat mencuci dan mengolahnya.

Bagi Anda yang ingin menambah asupan vitamin B kompleks, sebaiknya konsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini:

  1. Vitamin B1 : padi, gandum, kacang-kacangan, bayam, selada, kubis, asparagus, ikan, telur, susu, dan daging
  2. Vitamin B2 : ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, yoghurt, keju, brokoli, asparagus, dan sereal
  3. Vitamin B3 : ayam, salmon, tuna, kacang-kacangan, pasta, dan gandum
  4. Vitamin B6 : daging merah, kentang, kacang-kacangan, daging unggas, telur, dan sereal.

Olahan daging ayam, telur, dan sayuran hijau bisa memberikan asupan vitamin B kompleks yang cukup besar. Jadi perhatikan menu keseharian, pilih makanan yang sehat dan bernutrisi. Pengolahan untuk sayuran jangan terlalu masak, karena dapat menghilangkan kadar vitamin. Masak selagi segar seperti dibuat salad, tumis, dan makanan yang Anda sukai. Agar nutrisinya tetap terjaga, olah sendiri bahan makanan tersebut.

Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks

Kekurangan vitamin B kompleks bisa menyebabkan kondisi tubuh mudah lelah dan letih. Selain itu juga meningkatkan risiko terkena anemia sebab produksi sel darah merah berkurang. Untuk Anda yang berusia senja, diatas 50 tahun, bisa menyebabkan fungsi penglihatan berkurang. Lambat laun kondisi mata menurun dan tidak bisa melihat dengan jelas atau yang sering disebut katarak. Lansia yang kekurangan vitamin B kompleks juga berpeluang besar terkena demensia. Hal tersebut terjadi karena fungsi otak mengalami penurunan.

Jika terjadi masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya vitamin B Kompleks, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sebab jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, bisa membuat imunitas semakin menurun. Bagi lansia, menurunnya sistem kekebalan bisa menyebabkan kuman penyebab penyakit mudah menyerang. Jika diagnosa dokter menyimpulkan masalah tersebut karena kekurangan vitamin B Kompleks. Solusi terbaik yang dilakukan adalah konsumsi suplemen sesuai dengan resep.

Manfaat Vitamin B Kompleks

Kebiasaan mengkonsumsi sayuran ternyata bisa berdampak baik bagi kesehatan. Asupan vitamin B Kompleks tercukupi sehingga bisa terhindar bagi berbagai serangan penyakit. Vitamin B kompleks memiliki peran penting bagi kondisi badan agar tetap fit. Beberapa manfaat dari nutrisi ini adalah:

  1. Memperlancar proses metabolisme agar pencernaan tidak bermasalah
  2. Memproduksi energi agar tubuh tidak mudah capek dan lelah
  3. Menjaga fungsi sistem syaraf pusat untuk mencegah demensia dan depresi
  4. Memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia
  5. Menjaga kesehatan kulit
  6. Mencegah risiko terkena katarak
  7. Mencegah risiko terkena kanker mulut dan tenggorokan
  8. Membantu menurunkan kadar kolensterol

Hidup sehat tidak hanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B Kompleks saja, tapi harus diseimbangkan dengan nutrisi yang lain. Jika kandungan Vitamin B Kompleks terlalu berlebih, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Beberapa kasus, ada lansia yang susah mengkonsumsi makanan sehat karena nafsu makannya berkurang. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Namun harus sesuai dengan resep dokter agar tidak membahayakan kondisi ginjal.
Setelah mengetahui sumber vitamin B Kompleks dan manfaatnya, semoga bisa memberikan tambahan informasi kepada Anda. Meski sudah berusia lanjut, menjaga kesehatan harus tetap dilakukan. Jaga pola makan yang sehat serta lakukan olahraga secara rutin agar kondisi badan tetap fit dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here