Tips Menjaga Kesehatan Jantung Untuk Lansia

Jantung adalah organ yang paling mudah mengalami kerusakan

0
472
serangan jantung

Semakin bertambahnya usia, kerja beberapa organ dalam tubuh akan mengalami penurunan. Tentu saja ini adalah hal yang wajar mengingat kondisi fisik yang semakin melemah. Dan salah satu organ yang gampang mengalami kerusakan adalah jantung. Penyakit yang sering disebut dengan gagal jantung itu paling rawan dialami oleh lansia terlebih jika waktu mudanya jarang berolahraga. Kekuatan dalam memompa darah ke seluruh tubuh akan melemah sehingga pasokan oksigen menjadi berkurang.

Kerusakan tersebut dapat disebabkan karena kebiasaan merokok dan konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol. Jika usia Anda saat ini sudah menginjak kepala 6 dan diidentifkasi mengalami gagal jantung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi jantung agar sehat kembali. Untuk mengetahui apa saja tips yang dapat Anda praktikkan, simak ulasan dibawah ini.

Apa Itu Gagal Jantung?

penyakit jantung

Penyakit jantung sangat beragam jenisnya dan salah satunya disebabkan karena penumpukkan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda jarang berolahraga, juga bisa meningkatkan risiko penurunan kesehatan jantung. Dan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh lansia adalah gagal jantung.

Penyakit tersebut disebabkan karena otot jantung yang melemah sehingga peredaran darah tidak lancar dan pasokan oksigen berkurang. Gagal jantung ditandai dengan rasa nyeri di bagian dada dan kesulitan saat bernafas. Risiko yang diakibatkan dapat menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Lansia yang sudah berusia 65 tahun keatas, banyak yang menderita penyakit ini. Langkah tepat yang harus dilakukan adalah dengan perawatan di rumah sakit jika kondisinya sudah kronis. Namun ada beberapa ahli yang berpendapat jika masih dalam level akut, bisa disembuhkan dengan cara melakukan olahraga secara teratur.

Otot jantung yang kaku menjadi penyebab aliran oksigen dalam tubuh menjadi berkurang. Dengan rajin berolahraga, maka elastisitas otot tersebut bisa dikembalikan seperti semua sehingga kerja jantung menjadi lancar. Namun untuk lansia, melakukan olahraga bukanlah hal yang mudah terlebih jika kondisi fisiknya tidak memungkinkan untuk bergerak. Karena itulah kesadaran harus ditanamkan sejak dini dan juga dukungan keluarga sangat diperlukan agar aktivitas tersebut terasa ringan dikerjakan.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia Penderita Gagal Jantung

Pertambahan umur juga berdampak pada penurunan stamina, sehingga kondisi fisik tidak sekuat dulu lagi ketika masih muda. Karena itu bagi penderita gagal jantung akan sangat sulit untuk melakukan olahraga yang terbilang cukup berat dengan intensitas yang tinggi. Namun untuk mengurangi risiko dan menyembuhkan masalah kesehatan tersebut selain dengan menjaga pola makan yang sehat juga harus diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Ada beragam jenis olahraga yang bisa dilakukan dan terbilang cukup ringan untuk dipraktikkan lansia yang sudah berusia lebih dari 65 tahun. Kuncinya adalah dilakukan dengan teratur dan segera periksakan ke dokter jika kondisi fisik tiba-tiba drop. Menurut penelitian, program olahraga dibawah ini terbukti mampu menurunkan risiko gagal ginjal, antara lain:

  1. Bersepeda selama satu jam setiap seminggu sekali. Jika tidak mampu bersepeda bisa diganti dengan berjalan kaki, tenis, atau senam aerobik dengan intensitas yang sama
  2. Aerobik dengan intensitas tinggi perminggu
  3. Melatih kekuatan dengan cara mengangkat beban ringan yang dilakukan secara intens perminggunya
  4. Aerobik dengan intensitas sedang yang dilakukan dua sampai tiga kali perminggu

Olahraga ringan yang disebutkan diatas selain dapat mengembalikan kondisi jantung agar sehat juga dapat meningkatkan imunitas. Jenis olahraga disesuaikan dengan kondisi fisik, karena itu jika terasa capek sebaiknya istirahat dulu dan coba lagi di lain waktu. Tips agar lansia mau melakukan olahraga tersebut adalah dengan menemaninya selama berkegiatan. Dengan begitu, melakukan aktivitas olahraga akan lebih ringan dan tidak gampang lelah.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Bagi Lansia

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi paling vital. Jika sampai berhenti bekerja maka dapat menyebabkan kematian. Karena itu sangat penting rasanya untuk menjaga kondisi jantung supaya tidak gampang mengalami kerusakan. Lansia yang sudah berumur pun juga wajib memelihara kondisi jantung agar tidak terserang penyakit yang berbahaya seperti gagal jantung.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh lansia untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi jantung, beberapa diantaranya adalah:

  1. Berjalan kaki di pagi hari dengan santai sambil melakukan olahraga pernapasan ringan bisa membantu menjaga jantung sehat
  2. Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok
  3. Melakukan olahraga Yoga secara rutin untuk membantu memperlancar peredaran darah
  4. Menjaga berat badan supaya tidak berlebih dengan menjaga pola makan dan menghindari konsumsi makanan yang berlemak.

Penyakit gagal jantung yang sering menyerang lansia bisa dicegah dengan menerapkan kelima tips diatas. Selain itu bagi penderita yang masih dalam tahapan akut, bisa disembuhkan dengan cara melakukan olahraga ringan secara teratur agar otot jantung menjadi elastis dan aliran darah serta oksigen kembali lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here